Pemimpin Sederhana Lahir dari Desa, Ganjar Pranowo Cocok Jadi Presiden 2024

53

Oleh : Lea Valentina Zara
Menjadi pemimpin dengan sosok yang sederhana dan memiliki latar belakang yang terlahir dari desa, figur Ganjar Pranowo dinilai memang sangat cocok untuk menjadi presiden pada tahun 2024 mendatang melanjutkan seluruh program pembangunan yang dimiliki oleh Presiden Jokowi saat ini.

Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (Plt Ketum PPP), Muhammad Mardiono terus memuji bagaimana sosok dan figur yang dimiliki oleh Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo untuk melaju dan bertarung dalam kontestasi politik, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Muhammad Mardiono mengemukakan bahwa sosok dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut memang merupakan pemimpin yang paling cocok untuk bisa melanjutkan kepemimpinan dari Presiden Republik Indonesia (RI) ketujuh saat ini, Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2024 mendatang.

Tentunya bukan tanpa alasan bagaimana pujian tersebut datang. Pasalnya, memang sosok dari Ganjar Pranowo sendiri merupakan seorang pemimpin bansa yang bahkan terlahir dari desa. Dengan latar belakang yang berasal dan lahir dari desa, sehingga dirinya memang sangat memahami apapun yang dibutuhkan hingga mengenai orang desa secara keseluruhan.

Kader PDI Perjuangan tersebut memang terlahir dari sebuah keluarga yang sederhana, sehingga tidak bisa dipungkiri mengapa beliau sudah sangat memahami akan kesderhanaan masyarakat hingga anak-anak yang ada di Tanah Air.

Melihat bagaimana sosok yang sangat sederhana dan memiliki latar belakang dari desa tersebut, terlebih pemimpin yang identik dengan rambut putih itu juga sangat mengerti bagaimana kesederhanaan yang dimiliki oleh rakyatnya, sehingga tentu hanya dia yang menjadi sosok paling tepat untuk bisa terus melanjutkan estafet kepemimpinan dari Presiden Jokowi.

Tidak bisa dipungkiri pula bahwa keberlanjutan estafet kepemimpinan, atau juga bisa disebut dengan adanya keberlanjutan kepemimpinan dari presiden sebelumnya kepada presiden yang akan datang dalam memimpin bangsa ini merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan Indonesia sendiri.

Hal tersebut dikarenakan apabila sosok pemimpin masa depan bangsa ternyata merupakan figur yang sangat mampu untuk memimpin dan melanjutkan keberlansungan dari Kepala Negara sebelumnya, maka sudah secara otomatis bahwa seluruh program kerja atau visi dan misi dari presiden sebelumnya akan terus dilanjutkan dan dikembangkan.

Sehingga, secara otomatis pula tidak akan ada proyek pembangunan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang kemudian menjadi mangkrak atau tidak dilanjutkan dan berhenti sia-sia begitu saja, yang mana justru apabila hal itu terjadi akan mendatangkan banyak pemborosan pembiayaan dan juga waktu.

Tentunya, memang sama sekali tidak ada orang lain lagi yang bisa sangat tepat dan cocok untuk menggantikan hingga melanjutkan kepemimpinan yang selama ini sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi selama 2 (dua) periode lamanya memimpin Tanah Air dan berusaha untuk terus memajukan berbagai pembangunan hingga di seluruh pelosok Nusantara secara merata untuk menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.

Sebenarnya, bahkan banyak sekali kesamaan ataupun kemiripan yang dimiliki antara Ganjar Pranowo dengan Presiden Joko Widodo. Beberapa diantaranya adalah mereka memiliki satu marwah dan juga karakter yang sama. Sehingga nantinya percepatan pembangunan nasional pun akan bisa dirasakan kesinambungannya dan mampu mendatangkan banyak dampak bermanfaat bagi rakyat.

Sementara itu, seorang pengamat yang merupakan Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno juga mengemukakan hal senada. Dirinya menilai bahwa memang sosok dari Capres yang diusung oleh partai berlogo banteng dengan moncong putih itu dengan Kepala Negara saat ini memiliki karakteristik yang sama.

Salah satu hal yang paling menonjol mengenai bagaimana karakteristik antara kedua pemimpin itu adalah seperti apa kedekatan mereka kepada rakyat, khususnya dengan rakyat kecil. Antara Presiden Jokowi dengan Ganjar Pranowo pun, keduanya seringkali melakukan blusukan dan mendatangi secara langsung bahkan bercengkrama dengan masyarakat tanpa adanya sekat.

Justru, hal itu yang menurut pengamat tersebut masih belum bisa terlihat dari nama kandidat Calon Presiden lain selain Capres PDI Perjuangan itu. Lebih lanjut, ideologi politik yang dimiliki oleh pemimpin berusia 54 tahun itu juga sama dengan ideologi politik milik Kepala Negara lantaran memang mereka berdua berasal dari satu rumah yang sama, yakni berasal dari satu partai pimpinan Megawati Soekarnoputri.

Sikap nasionalis yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo sama persis dengan sikap yang dimiliki oleh Presiden Jokowi, yang mana justru hal itu juga sama sekali tidak dimiliki oleh nama calon presiden lainnya.

Tentu dengan berbagai macam poin mengenai bagaimana kesamaan karakteristik, sifat dan sikap bahkan hingga latar belakang yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo dengan Presiden Jokowi, menjadikan dirinya menjadi figur yang paling mungkin dan paling cocok untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa, menjadi Presiden pada tahun 2024 mendatang.

Penulis adalah Kontributor Organisasi Pendukung Tegas dan Inspiratif untuk Masa Depan Ganjar Pranowo (Optima)