Pemkab Palas Fasilitasi Sidang Isbat Nikah 171 Pasangan Suami Istri

314
Pemkab Palas Fasilitasi Sidang Isbat Nikah 171 Pasangan Suami Istri
Sekda Palas Arpan Nasution SE menyerahkan Buku Nikah, KK, dan KTP kepada pasangan suami istri, didampingi Ketua Pengadilan Agama Palas M Saifuddin SHI, Kepala Kemenag Palas H Abdul Manan MA, Kepala Dinas PPKBPPPA Palas Markiah Hasibuan SE dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Palas Siti Maria SSos. (Foto: SGL)

PalasIntipnews: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas (Palas) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Palas, menggelar sidang isbat nikah secara gratis, Rabu (27/19/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 171 pasangan suami istri. Mereka mengikuti sidang isbat nikah gratis ini untuk mendapatkan akta nikah seusai aturan hukum negara yang bisa digunakan berbagai kebutuhan urusan administrasi.

“Pelayanan ini dipandang penting karena akan sangat dirasakan manfaatnya tatkala secara hukum mereka terlindungi dengan memiliki catatan akta pernikahan,” kata Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Palas, Markiah Hasibuan SE.

Melalui Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Hidup Keluarga, Endang Hartati Nasution SH menyerahkan secara simbolis Buku Nikah, KK, dan KTP kepada pasangan suami istri pada acara sidang isbat nikah di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Palas.

Ia menuturkan, sidang isbat nikah dilaksanakan secara kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Palas, Pengadilan Agama Kelas IA Kabupaten Palas,  dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Palas.

Endang menambahkan, 171 pasangan isbat nikah berasal dari pasangan suami istri di bawah tangan atau nikah siri yang berdomisi di eks Barumun (Kecamatan Barumun, Kecamatan Ulu Barumun, Kecamatan Barumun Selatan, Kecamatan Lubuk Barumun, Kecamatan Barumun Baru).

Kemudian kata Endang, pelaksanaannya dibagi 3 gelombang, yaitu Gelombang I sebanyak 60 pasangan pada Rabu (27/10/2021), gelombang II sebanyak 60 pasangan pada Kamis (4/11/2021), dan gelombang III sebanyak 51 pasangan pada Kamis (11/11/2021). * Sahat Gemayel Lubis