Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pilkades 2022

7
Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pilkades 2022
Foto: Istimewa

Sei Rampah-Intipnews: Pemkab Sergai menggelar sosialisasi dalam mempersiapkan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

Sosialisasi Pilkades sekaligus melaksanakan kegiatan untuk Penyelenggaraan Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa Kabupaten Sergai, di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (10/11/2021).

Bupati Sergai H Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan, Pilkades akan dilaksanakan secara serentak di 102 desa pada 16 kecamatan. Bupati menyebut, sehubungan Pilkades dilaksanakan di masa pandemi, perlu kiranya memedomani surat Mendagri No 270/5645/SJ perihal tindaklanjut pelaksanaan Pilkades dan PAW pada masa pandemi Covid-19 pasca-penundaan.

“Dalam rangka persiapan Pilkades di Sergai, perlu ditingkatkan capaian herd immunity dalam tubuh, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar,” sebut Bupati.

Pilkades merupakan proses pergantian pimpinan pemerintah desa karena peraturan perundang-undangan, di mana jabatan Kepala Desa diatur masa jabatannya dan ketika berakhir, harus ada pemilihan Kepala Desa.

Dalam pelaksanaannya, Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) bertanggungjawab penuh dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa tersebut.

“Pemilihan Kepala Desa juga merupakan sarana pendidikan politik masyarakat. Dalam arti sempit, pendidikan politik dapat diartikan sebagai usaha sadar untuk mengubah proses sosialisasi politik masyarakat, sehingga mereka memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam suatu sistem politik ideal yang hendak dibangun.