Pemkab Toba Serahkan Sertifikat Tanah Secara Virtual

37
Pemkab Toba Serahkan Sertifikat Tanah Secara Virtual

TobaIntipnews.com: Pemkab Toba melalui Bupati Ir Poltak Sitorus MSc menyerahkan sertifikat tanah secara virtual kepada 18 penerima (16 perwakilan masyarakat dan 2 perwakilan gereja), di Lt.IV Kantor Bupati Toba, Selasa (28/12).

Penyerakan sertifikat oleh Pemkab Toba merupakan hasil kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Toba tahun 2021, yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Toba.

Selaku umat beragama, kita mengucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa dapat berkumpul di Lt IV kantor Bupati ini, dalam rangka penyerahan sertifikat secara virtual oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) yang dipusatkan di Kantor Gubernur Sumatera Utara hari ini.

Dan disini, kita menyerahkan secara simbolis sertifikat yang dilakukan juga secara virtual kepada 18 penerima (16 perwakilan masyarakat dan 2 perwakilan gereja). 

Demikian disampaikan Bupati Toba Ir Poltak Sitorus MSc dalam sambutan penyerahan sertifikat di Lt.IV  Kantor Bupati Toba, Selasa (28/12). 

Penyerahan sertifikat ini sambung Bupati, merupakan hasil kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Toba tahun 2021 yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional Toba.

Bupati menyebutkan, pihaknya akan melanjuti kegiatan PTSL ini untuk tahun berikutnya,seraya berucap terima kasih kepada berbagai pihak dalam pensertifikatan tanah di Kabupaten Toba.

Kegiatan penyerahan sertifikat inj, disaksikan Wakil Bupati Tonny Simanjuntak SE, para pejabat di lingkungan Prmkab Toba, Kepala BPN Toba dan jajarannya.

Usai penyerahan sertifikat, Kabag Pertanahan Toba Antony Sianipar SH (foto) menyebutkan, selain 18 sertifikat itu, setelah melakukan PTSL tahun 2021,akan segera diserahkan sebanyak 1200 sertifikat.

Sertifikat yang akan diserahkan di Kecamatan Porsea, Kecamatan Siantar Narumonda dan Kecamatan Balige dari 11 Desa. Dan perolehan sertifikat ini tidak ada biaya alias gratis.

Selain itu, kata lulusan FH USU Medan ini, 7 sertifikat akan diserahkan kepada Pemkab Toba yang merupakan asset milik Pemkab yang telah disahkan oleh BPN.

Antony berharap, dengan kegiatan PTSL yang akan berlanjut ke depan ini,maka status hukum tanah milik masyarakat dan pemerintah semakin jelas,sehingga dapat menciptakan jaminan kepastian hukum dan rasa aman atas tanah yang dimilikinya.

Laporan : Manuala Tampubolon