Penderita Penyakit Ginjal Harus Minta Rekomendasi Dokter Untuk Vaksinasi Booster

18
foto:Pemerintah Kabupaten Toba menggelar Vaksinasi Booster

Toba-Intipnews.com : Pemerintah Kabupaten Toba menggelar Vaksinasi Booster di Kantor Bupati Toba, Jumat (28/1).

Vaksinasi dilaksanakan dalam rangka percepatan untuk booster, dengan menggunakan vaksin jenis Pfizer.

dr. Jimmi R. Hasibuan selaku Kepala Puskesmas Soposurung, Balige menyampaikan bahwa  target vaksinasi kali ini sekitar 250 orang.

Rencananya, Vaksinasi booster akan dilakukan untuk beberapa hari kedepannya, dan bukan hanya untuk hari ini saja. 

Jimmy juga menyebutkan, Vaksinasi ini akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah, untuk guru-guru, dan juga pelayan publik yang lain.

Romanuturi Tampubolon, selaku Penanggung jawab kegiatan Vaksinasi, menambahkan, syarat untuk divaksinasi booster ialah, minimal 6 bulan dari tanggal vaksin kedua, dan dalam kondisi fisik yang sehat.

Sedangkan,calon penerima vaksin dengan penyakit bawaan (komorbid) diarahkan untuk meminta rekomendasi dari dokter yang berwenang terlebih dahulu. 

Penyakit bawaan itu,dimisalkannya, penderita penyakit ginjal,dimana penderita penyakit ini, harus meminta surat rekomendasi dari dokter spesialis penyakit dalam, apabila ingin divaksin.”Kalau tidak ada rekomendasi,tidak akan kami layani vaksin booster,”sebutnya.

Peserta penerima vaksin booster kata Boru Tampubolon ini, mungkin akan mengalami pegal di sekitar bagian tangan atau lengan yang disuntik. Untuk itu, si pasien dianjurkan istirahat, serta banyak minum air putih hangat,pungkasnya. 

Sampai hari ini,Sabtu (29/1), Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Toba Drs Lalo Hartono MSi menyebutkan, ada 3 (tiga) orang penderita Covid-19 aktif di Kabupaten Toba.

Ketiganya, di Kecamatan Balige,yang sampai saat ini si pasien sebagai Isoman,dirawat di rumahnya sendiri. Mudah-mudahan si pasien segera pulih kembali,tulisnya melalui chat group releasenya tanpa merinci siapa penderita Isoman tersebut.

Laporan : Manuala Tampubolon

..