Penempatan ASN di Pemkab Labuhanbatu Tidak Sesuai Latar Belakang Pendidikan dan Kompetensi

50

Labuhanbatu-Intipnews.com: Penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Labuhanbatu tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensi.

Hal ini berdasarkan data Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tentang Kepatuhan atas Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Labuhanbatu tahun anggaran 2022, Selasa (7/11/2033).

Dalam LHP BPK itu, pada Gambaran Umum Bab II angka 4 mengenai Sistem Pengendalian Intern, BPK menyoroti
komitmen tentang kompetensi.

BPK menyebutkan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Labuhanbatu belum sepenuhnya melakukan mutasi pegawai di lingkungan Pemkab Labuhanbatu sesuai kompetensi pegawai.

Hal itu ditandai dengan masih kurangnya pegawai dengan latar pendidikan akuntansi dan keuangan yang ditempatkan sebagai bendahara atau pelaksana penatausahaan keuangan di SKPD.

Lebih lanjut dalam angka 6 tentang Kebijakan dan Praktek yang Terkait dengan SDM, BPK menyebutkan, masih ditemukan beberapa PPK pada SKPD yang belum memiliki sertifikasi pengadaan barang dan jasa.

Dalam penjelasannya, BPK menegaskan, efektif tidaknya sistem pengendalian internal akan sangat bergantung pada kebijakan dan praktek tentang SDM yang dianut, yang akan diharapkan, nilai-nilai etika, dan kompetensi.
Pegawai ditempatkan pada unit kerja yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensi teknis yang dimiliki.

Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Ali Armaya Ritonga, melalui telpon selulernya Kepada Intipnews.com, Senin (6/11/2023) tidak membantah soal laporan BPK tersebut, tapi Ia tidak bersedia memberi jawaban.

” Tidak mau aku menjawabnya itu. Kemari saja kau (ke kantor)” kata Ali melalui telepon seluler.

Sementara itu, konfirmasi juga diteruskan kepada Kepala BKPP Drs. Zainuddin Siregar. Sayangnya, sampai berita ini dikirim ke meja redaksi, Zainuddin yang biasa akrab dengan kalangan wartawan, tidak memberikan jawaban. (Itp AAT)