Peringatan HSN, Walikota Sidimpuan: Tingkatkan Komitmen Terhadap Generasi Penerus Ulama dan Dakwah

16
Peringatan HSN, Walikota Sidimpuan Tingkatkan Komitmen Terhadap Generasi Penerus Ulama dan Dakwah

SidimpuanIntipnews: Pada peringatan HSN, Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution SH mengajak semua elemen masyarakat di Padangsidimpuan untuk meningkatkan komitmen terhadap generasi penerus ulama dan pendakwah.

Hal itu disampaikan walikota usai menghadiri upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang dilaksanakan di Lapangan Pesantren Al-Ansor, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Jumat (22/10/2021).

“Dakwah bukan saja dilakukan oleh para kiai, dakwah bisa dilakukan oleh santri-santri yang ada di tempatnya masing-masing, tepatnya estafet dakwah,” sebut Irsan.

Upacara Peringatan HSN oleh Pemko Padangsidimpuan dipimpin Wakil Walikota, dihadiri unsur Forkopimda Padangsidimpuan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Baznas Padangsidimpuan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Padangsidimpuan, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) dan para santri sebagai peserta upacara.

Ir Arwin selaku Inspektur Upacara (Irup) membacakan sambutan Menteri Agama RI, yang meminta totalitas santri untuk membantu menangani pandemik Covid-19 dan kehidupan yang berakhlakul kharimah sangat dibutuhkan oleh pemerintah saat ini.

Dikatakan Arwin, menjelang peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019, santri mendapat kado istimewa berupa pengesahan UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Kemudian pada Peringatan Hari Santri Nasional 2021, pesantren kembali mendapat kado indah dari Presiden Joko Widodo berupa Perpres Nomor 82 Tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren yang khusus mengatur tentang dana abadi pesantren.

Peringatan HSN dirangkaikan dengan penyaluran bantuan secara simbolis dari Baznas Kota Padangsidimpuan, kepada siswa mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa. * Hadiansyah Panjaitan