Perkembangan Food Estate di Humbahas Positif

8
Perkembangan Food Estate di Humbahas Positif
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, dalam rangka meninjau kawasan food estate (FE) dan panen kentang demplot di Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Rabu (1/9/2021). (Foto : Istimewa)

| Tahun Depan Target Penambahan Lahan 2.000 Ha

HumbahasIntipnews: Program lumbung pangan nasional atau Food Estate (FE) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, mengalami perkembangan positif. Produksi hasil panen FE Humbahas mengalami peningkatan signifikan.

Kentang misalnya, dari percobaan yang dilakukan PT Indofood selaku off-taker (investor) mampu menghasilkan 24 ton/hectare (Ha) dengan asumsi minimal 1 Ha ditanami 24.000 tanaman. Sedangkan untuk bawang putih diprediksikan mampu mengahasilkan 8 ton/Ha. Angka ini di atas rata-rata nasional yang sebesar 6,3 ton/Ha.

“Inilah bukti Humbahas memiliki alam yang subur. Tuhan menciptakan ini untuk menjadi lumbung pangan bukan hanya untuk Sumut, tetapi Indonesia juga. Seperti kata Pak Luhut Binsar Panjaitan, bila ini sudah mantap kita lanjut ke tahap kedua dengan target lahan 2.000Ha,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, usai mendampingi Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan, meninjau irigasi tetes dan panen kentang di FE Desa Ria-ria, Humbahas, Rabu (1/9/2021).

Melalui kerjasama yang kuat antarpetani, pemerintah dan juga off-taker, dia optimis FE Humbahas akan terus berkembang. “Ini tidak bisa dikerjakan hanya sepihak, kita harus bersama-sama, ada ahli pertanian, ahli infrastruktur, petani, pemerintah semua harus bergandengan tangan,” tambah Edy Rahmayadi.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menegaskan, FE sangat menguntungkan petani. Selain mendapatkan pengolahan lahan modern, petani juga mendapatkan pembersihan lahan, pembangunan jalan dan irigasi tanpa dipungut biaya plus sertifikat tanah. Karena itu, Luhut tidak ingin petani melewatkan kesempatan yang sangat berharga ini.