Piknik Edukatif Pita Kuning: Kuatkan Semangat Juang Anak Kanker di Medan

21

Tanah Karo-Intipnews.com: Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning) adakan Piknik Edukatif di Mikie Funland, Berastagi (Foto)untuk penuhi kebutuhan layanan psikososial anak kanker dari keluarga prasejahtera di Medan, Selasa (26/12/2023).

Pita Kuning merupakan yayasan filantropi yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas hidup anak dengan kanker melalui pendampingan psikososial. Didirikan oleh Pandji Pragiwaksono dan Steny Agustaf, sudah lebih dari 8.000 anak kanker dari keluarga kurang mampu didukung oleh Pita Kuning. Saat ini, dengan sistem pelayanan yang baru, yakni keanggotaan, Pita Kuning mendampingi 37 anak dari 4 wilayah (Jakarta, Bali, Medan, dan Jogja) di Indonesia.

Piknik Edukatif yang diikuti oleh 4 Anak Pita Kuning (APK) beserta keluarga ini merupakan salah satu dari 3 pelayanan utama yang dimiliki Pita Kuning (Ketahui Jenis Pelayanan Pita Kuning). 

Disampaikan Lani Diana, selaku PR Specialist Pita Kuning, Piknik Edukatif yang dilaksanakan menjadi bentuk dukungan psikis bagi APK selama masa rawat. 

“Dengan anak-anak bermain dan bersenang-senang bersama, mereka akan merasa tidak sendirian. Dan kebersamaan inilah yang menjadi penguat bagi mereka dalam melawan kanker,” ujar Lani. 

Selama setengah hari, anak-anak Pita Kuning beserta keluarga mencoba sebanyak-banyaknya wahana di tempat bermain tersebut. Mulai dari kereta, carousel, hingga Jurassic Tree, dimana permainan sudah disesuaikan dengan umur serta kriteria umur dan keamanan demi keamanan APK. 

Kedepannya, selain akan terus menjalankan ketiga program utama yang secara reguler dijalankan, Pita Kuning akan mengeluarkan program kerelawanan bernama Yellow Academy. Program ini menjadi salah satu upaya Pita Kuning untuk menyebarkan kepedulian masyarakat terhadap kanker anak. 

“Harapannya Yellow Academy bisa menjangkau para calon relawan, tidak hanya di wilayah dimana Pita Kuning berada tetapi wilayah-wilayah baru. Sehingga semakin banyak yang bisa beraksi baik bersama untuk anak kanker di Indonesia,” ujar Raka Eka Pramudito, Ketua Pita Kuning.Itp05/r