Pilkades di Toba 2023, Cakades Petahana Berguguran

54

Toba-Intipnews.com : Sebanyak 233 Calon Kepala Desa(Cakades) di 87 Desa dari 16 Kecamatan, melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tadi pagi hingga selesai sore harinya, Kamis 19 Oktober 2023.

Dan para calon yang ikut bertarung  memperebutkan kursi pemerintahan desa ini sebanyak 233 orang, diantaranya 56 peserta incumbent dan tidak ada lagi calon tunggal.

Dari 56 Cakades incumben atau petahana, diperkirakan hanya bertahan sekitar 20-30 persen.

Seperti halnya di Kecamatan Laguboti,dari 10 Desa yang ikut perhelatan akbar Pilkades,tak satupun petahana yang bertahan,semuanya gugur.   

Demikian halnya di Kecamatan Sigumpar, Siantar Narumonda dan Silaen, hanya ada bertahan 1-3 petahana dari jumlah bersaing.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak  Kadis PMD&PPA Toba Drs Henri Silalahi Msi ketika dikonfirmasi seusai monitoring di Kecamatan Balige,menjelaskan,hasil monitoring data mereka sampai sore menjelang malam,sekitar 24 orang petahana bertahan.

“Dari 56 Cakades Petahana, sebanyak 24 orang yang bertahan, artinya ada sekitar 40 persen dari jumlah peserta yang bertahan,” kata Henri.

Ditambahkannya, dari hasil monitoring dan data yang masuk, hasil Pilkades secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar.

Calon terpilih sudah dapat didata,sehingga sampai saat ini belum ada kendala maupun keributan atau laporan tentang permasalahan Pilkades,sebutnya.

Sementara hasil Pilkades Desa Pardomuan Nauli Kecamatan Laguboti, tanpa keikutsertaan petahana, dimenangkan Damser Hutahaean dengan perolehan suara sebanyak 457 suara,mengalahkan Efendy Hutahaean 210 suara dan Josia Hutahaean 94 suara.  Itp Mantap.