Presiden  Joko Widodo Lantik Abdullah Azwar Anas Sebagai  Menpan-RB

170
foto :istimewa
Foto : Menpan-RB Abdullah Azwar Anas( tc/ist)

Jakarta-Intipnews.com: Abdullah Azwar Anas resmi dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Rabu (7/9/2022). Berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pelantikan Azwar Anas oleh Presiden Joko Widodo ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 91/P Tahun 2022. Dengan demikian, mulai hari ini, Azwar Anas resmi mengisi kekosongan kursi Menpan-RB usai Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada awal Juli lalu.

 Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi yang menjabat selama dua periode, mulai 2010. Namanya sempat masuk dalam bursa calon wakil gubernur (cawagub) mendampingi Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur. Sebelum terjun ke politik, pria kelahiran Banyuwangi pada 1973 ini pernah menggeluti profesi wartawan radio usai lulus dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI).

 Sebelumnya, dia juga pernah mengenyam bangku kuliah di Jurusan Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta pada 1992. Azwar merintis karier politik dengan bergabung bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan terpilih menjadi anggota DPR di pemilu 2004. Di pemilu selanjutnya, Azwar berusaha untuk kembali ke parlemen. Namun, usahanya kandas karena tak memperoleh cukup suara. Gagal menduduki kursi DPR, Azwar pun mencoba peruntungan dengan menjajal pemilihan Bupati Banyuwangi.

Menggandeng Yusuf Widyatmoko sebagai pasangannya. Akhirnya terpilih untuk memimpin Banyuwangi pada 2010. Selain menjadi anggota dewan dan pemimpin daerah, Azwar Anas saat ini juga menduduki jabatan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP. Jabatan ini dipangku Azwar sejak awal tahun, tepatnya 13 Januari 2022

Dikutip dari laman LHKPN, Azwar terakhir tercatat melaporkan harta pada 31 Maret 2022 saat menjabat sebagai Kepala LKPP. Abdullah Azwar Anas memiliki kekayaan total mencapai Rp 16,38 miliar. Surat berharga menjadi penyumbang kekayaan terbesar Azwar, yakni senilai Rp 5,97 miliar. Azwar juga memiliki kas dan setara kas dengan nilai tak kalah besar, mencapai Rp 4,5 miliar. Pria 49 tahun ini tercatat memiliki 11 harta tanah dan bangunan, dengan 8 di antaranya berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Total semua harta berupa tanah dan bangunan tersebut mencapai Rp 4,87 miliar. Harta kekayaan Azwar Anas lainnya, berupa alat transportasi Toyota Alphard tahun 2010 senilai Rp 180 juta. Ia juga memiliki harta bergerak dan harta lainnya, masing-masing senilai Rp 146 juta dan Rp 680 juta. Dalam laporan harta kekayaan, Azwar tercatat tidak memiliki utang, sehingga total bersih harta kekayaannya adalah Rp 16.380.464.415.(kc/itp.04)