Presiden Jokowi Apresiasi Keberhasilan Program Ganjar di Sektor Pendidikan

44

Jakarta-Intipnews.com: Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi sangat tinggi pada keberhasilan program yang digagas oleh Ganjar Pranowo di sektor pendidikan.

Menanggapi bagaimana apresiasi tinggi yang diberikan oleh Kepala Negara, Ganjar Pranowo kemudian mengaku sangat siap untuk mengaplikasikan program SMKN Jawa Tengah yang digagasnya hingga ke tingkat nasional.

Menurutnya, akses mudah pada sektor pendidikan merupakan langkah yang penting untuk bisa mengangkat harkat seseorang.

“Saya percaya akses atas pendidikan bagi semua kalangan ialah langkah yang paling penting untuk mengangkat harkat hidup manusia Indonesia,” kata Ganjar kemaren lalu.

Lebih lanjut, pemimpin berambut putih itu menjelaskan bahwa SMKN Jawa Tengah yang merupakan sekolah gratis merupakan wujud komitmen kuatnya untuk melakukan percepatan perekonomian pemerintahan Presiden Jokowi melalui penguatan SDM.

Sehingga jelas sekali yang sangat dibutuhkan adalah peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan diri.

“Maka, yang dibutuhkan itu pendidikan yang berkualitas yang dapat memperluas perspektif anak didik terhadap Indonesia dan dunia,” jelas Ganjar

“Berorientasi pada pengembangan diri, pendidikan yang terjangkau dan menjamin keterbukaan akses bagi semua kalangan,” tambahnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan tinjauan ke SMKN Jawa Tengah di Kota Semarang. Tidak tanggung-tanggung, bahkan Kepala Negara kemudian meminta kepada Mendikbud Ristek Nadiem Makarim untuk melakukan evaluasi.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sebelumnya sekolahan tersebut merupakan Balai Latihan Kerja kemudian diubah oleh Ganjar menjadi SMK khusus keluarga tidak mampu, di mana para pelajar dibiayai oleh Pemprov Jateng seluruhnya.

Tatkala melihat bagaimana cemerlangnya program dari Capres PDI Perjuangan itu, sontak menurut Kepala Negara jelas bahwa hal baik tersebut bisa diterapkan di wilayah lain pula dan langsung menugaskan Nadiem Makarim untuk berkunjung di SMK Jateng itu.

“Dan ini nanti saya akan perintah Mendikbud datang ke sini, evaluasi lagi yang bisa diperluas ke provinsi yang lain, untuk keluarga yang tidak mampu,” kata Presiden Jokowi, pekan lalu.

Dirinya menegaskan bahwa konsep yang diterapkan di SMKN Jateng gagasan Ganjar juga bisa diterapkan di seluruh provinsi di Indonesia.

“Ya nanti biar Mendikbud ke sini, kalau menurut saya bisa ke SMK Semarang ini baru nanti kita putuskan, kalau saya melihat bagus,” kata Jokowi.

Sementara itu, Ketum Ganjarian Spartan, Mohamad Guntur Romli juga memberikan apresiasi dan menganggap bahwa SMKN Jawa Tengah itu merupakan salah satu dari sekian prestasi milik Ganjar.

“Inilah prestasi luar biasa Ganjar Pranowo untuk masa depan bangsa ini melalui jalur pendidikan yang membuat Presiden Jokowi kepincut sehingga akan diterapkan secara nasional,” ujarnya.Itp.r