Presiden Jokowi Konsisten Dukung Ganjar dalam Pilpres 2024

171

Oleh : Atharya Hilal Makarim
Presiden Joko Widodo diyakini konsisten mendukung calon presiden (Capres) usungan partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang untuk meneruskan berbagai macam programnya yang akan atau hendak direalisasikan berdasarkan kriteria yang disebutkan, sosok Ganjar digadang-gadang memenuhi kriteria tersebut.

Banyak dukungan yang datang kepada Ganjar Pranowo di Pemilu 2024 mendatang. Usai ditunjuk sebagai calon presiden usungan partai PDI Perjuangan, elektabilitas Ganjar semakin naik dari waktu ke waktu. Tak hanya dari kalangan masyarakat saja yang mendukung Ganjar, namun Presiden Joko Widodo juga diyakini mendukung Gubernur Jawa Tengah itu.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono meyakini bahwa Presiden Jokowi dengan konsisten mendukung Ganjar di Pilpres 2024 mendatang. Dirinya mengatakan bahwa keyakinannya tersebut berdasarkan sudut pandang politik melalui kehadiran Joko Widodo saat deklarasi di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat.

Tak hanya alasan itu saja yang menjadi keyakinan kuat Mardiono bahwa Jokowi mendukung Ganjar, hal lain yang membuat Mardiono semakin yakin yaitu berdasarkan pada latar belakang Presiden Joko Widodo yang juga merupakan kader dari PDI Perjuangan.

Menurutnya, hal tersebut justru menjadi bagian dari Presiden selaku kepala negara dan kepala pemerintahan. Pasalnya, cawe-cawe Jokowi dalam Pemilu menurutnya memang harus dilakukan untuk menjaga dan mengelola stabilitas politik nasional. Agar mewujudkan pemilu dengan suasana sejuk, sukses dan menyenangkan rakyat.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Hasto Kristiyanto menegaskan dengan yakin bahwa nantinya kepemimpinan Jokowi akan dilanjutkan oleh Ganjar. Artinya bahwa, sebagai kader PDI Perjuangan, Jokowi turut mendukung dengan konsisten Ganjar Pranowo.

Mengenai hal tersebut, Jokowi memang sempat mengatakan bahwa Gubernur Jawa Tengah itu mampu menjadi pemimpin yang baik nantinya untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju. Jokowi mengungkapkan di tahun 2024, 2029, hingga 2034 adalah sebuah batu loncatan yang baik untuk Indonesia yang saat ini menjadi negara berkembang menjadi negara yang maju. Kemudian, dirinya meyakini bahwa di bawah pimpinan Ganjarlah nantinya hal itu bisa terwujud.

Mengibaratkan sebagai produk, Jokowi menyebutkan Ganjar memiliki semuanya, baik komunikasi dengan rakyat yang enak dan ‘renyah’. Pun dirinya membandingkan gaya komunikasinya yang kadang-kadang kurang luwes.

Presiden Jokowi sebelumnya menyebutkan kriteria calon pemimpin yang didukungnya yakni, berambut putih, muka berkerut, memiliki nyali dan keberanian yang tinggi, memiliki komunikasi politik yang baik. Semua ciri-ciri tersebut memanglah mengarah ke Ganjar Pranowo.

Ciri-ciri yang telah disebutkan oleh Jokowi tentunya memiliki alasan, seperti berambut putih. Mengapa pemimpin yang diinginkan Jokowi berambut putih? Alasannya lantaran pemimpin yang berambut putih kebanyakan memikirkan nasib rakyat dan mencari cara untuk menyejahterakan masyarakatnya.

Kemudian, mengenai ciri-ciri nyali dan keberanian yang tinggi juga disampaikan oleh Jokowi bahwa keberanian menjadi hal paling penting dan nomor satu yang harus dimiliki oleh pemimpin. Dua kapasitas tersebut memang telah dimiliki oleh Ganjar. Lantas, Jokowi menyanjung Ganjar karena telah memiliki keduanya.

Kriteria yang telah disebutkan oleh Pak Presiden tersebut memang dasar-dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Khususnya mengenai pola komunikasi, cara berkomunikasi yang baik sangat dibutuhkan, terutama saat berkomunikasi dengan rakyat. Mengerti dan memahami maksud rakyat ketika menyampaikan keluhan. Seperti yang telah disebutkan Jokowi, Ganjar memiliki komunikasi yang renyah kepada rakyat.
Sosok Ganjar yang dipuji memiliki komunikasi yang renyah dan baik itupun dibuktikan melalui kepemimpinannya sebagai Gubernur Provinsi Jawa Tengah yang sudah banyak mendengarkan keluhan dan berikan solusi untuk warganya. Capres 2024 itu melakukan blusukan untuk memperhatikan hal-hal kecil di berbagai sektor seperti, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lain sebagainya untuk memajukan masyarakat Jawa Tengah.
Bukan hanya sekali saja Ganjar mendapatkan pujian-pujian yang diberikan oleh Joko Widodo selaku Presiden Indonesia, banyak pujian yang sudah diberikan menunjukkan bahwa memang Presiden memegang konsistensi yang tinggi terhadap dukungannya kepada Ganjar.

Kendati demikian, melihat banyaknya bukti-bukti melalui pujian dan lain sebagainya, dukungan Presiden Jokowi terhadap Capres 2024 Ganjar Pranowo semakin yakin akan konsisten hingga pesta demokrasi itu dimulai. Bagaimana tidak, memang sebagian masyarakat menginginkan program-program Jokowi dilanjutkan. Sosok yang digadang-gadang dapat meneruskan program tersebut siapa lagi kalau bukan Ganjar Pranowo.

Oleh karena itu, Ganjar yang dikenal sebagai sosok pemimpin yang memiliki jiwa pemberani dan nyali yang kuat juga komunikasi yang baik dinilai mampu menjadi pemimpin Indonesia berikutnya dengan dukungan-dukungan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo secara konsisten dan seluruh relawan dari berbagai kalangan masyarakat yang juga turut mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo, sehingga di Pilpres 2024 mendatang Ganjar bisa menang guna menjadikan Indonesia lebih maju dan menjadi lebih baik lagi.

Penulis adalah kontributor Jendela Baca Institute