Prof. Dr. HM. Jamil, MA : Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Tafsir Ahkam UIN Sumut

209

Binjai-Intipnews.com : Prof. Dr. HM. Jamil, MA., akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Tafsir Ahkam, Universitas Islam Negeri (UIN) SU, Selasa 16 Desember 2023.

Prof.DR.HM Jamil,MA (Foto)yang kini menjabat Ketua MUI Kota Binjai dan Rektor Univa Medan yang selalu sebagai nara sumber diberbagai perguruan tinggi atau Universitas dalam negeri dan luar negeri lahir di Pasar Minggu, Asahan Sumatera Utara pada 10 September 1966. 

Ketika ditemui, Kamis( 7/12/2023), Prof,DR.HM Jamil menjelaskan perjalanan pendidikannya hingga ia mencapai gelar Profesor dan dilantik sebagai guru besar. Ternyata pendidikannya dari kampung yaitu   Ibtidaiyah Alwashliyah di kampung kelahirannya, Asahan.

Selanjutnya kedua orang tuanya mengirim dia melanjutkan  pendidikan ke Tsanawiyah dan liyah Madrasah Pendidikan Islam (MPI} Tanjung Balai (1981 – 1986). Setelah itu, melanjutkan studi S-1 Program studi Perbandingan Mazhab dan Hukum di Fakultas Syariah IAIN Sumatera Utara,  selesai pada tahun 1991.

HM Jamil,ternyata tidak berhenti mengenyam pendidikan, setelah menyelesaikan sarjana, ia mendapat beasiswa kuliah S-2 di International Islamic University Malaysia, terakhir jenjang S-3 beliau selesaikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syahid Jakarta pada 2008.

Kemudian diangkat menjadi Dosen di IAIN SU pada tahun 1999, beliau terus diberi Amanah menduduki berbagai jabatan di IAIN/SU SU, sebagai Dekan Fakultas Syariah (2009 – 2012), Ka. Prodi S.2. dan S.3. Hukum Islam UIN SU (2014 – 2016), Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN SU (2016 – 2021), dan sejak Maret 2021 beliau diberi amanah sebagai Rektor di Universitas Alwashliyah Medan. 

Sejak 1 Juni 2023, beliau diangkat menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Tafsir Ahkam.

Prof.DR.HM Jamil,MA merupakan seorang pendidik yang tidak kikir akan ilmu dan tidak pernah berhenti belajar guna menambah kelimuannya. 

Sepanjang Dia menekuni dunia akademik dalam rentang waktu tersebut di atas, Prof. Jamil, selalu menyampaikan pikiran pikirannya di tingkat regional dan nasional, beliau juga telah menyampaikan makalah di berbagai negara; di antara tahun 2009 – 2012 beliau memberikan kuliah beberapa semester di Kolej Islam Teknologi Antara Bangsa Penang Malaysia dan  di Aljamiah Singapura. 

Ia juga menyajikan makalah di Persatuan Pelajar (PPI) di Maroko .  Menyajikan makalah di Fukuoka University Jepang pada 17 Juli 2017, Menyajikan Makalah di Kuntucky University Amerika Serikat pada 15 – 16 September 2017, Penanggap pada Islamic International Symposium di Sydney Australia pada 1 – 2 Desember 2019. 

Serta  memberikan pokok-pokok pikiran di Parlemen Sydney Australia dan Radio Muslim Australia pada Desember 2019, Menyajikan makalah yang kedua kalinya di Amerika Serikat, tepat nya di University of Pittsburgh, pada 22 Oktober 2022, di tambah shering fikiran di negara negara lain seperti Turki, Brunai, Thailand dan lainnya. 

Di samping tugas tugas akademik yang memerlukan waktu banyak, Prof. Jamil juga aktif dalam pengabdian kemasyarakatan melalui pengabdian beliau sebagai Ketua Umum MUI Binjai sejak 2010 sampai saat ini, Anggota Komisi Fatwa Pengurus Besar Aljamiyatul Washliyah dari 2017 – 2021, Anggota Komisi Fatwa MUI Sumut sejak 2021 sampai saat ini, Ketua Umum Himpunan Ilmuan dan Sarjana Syariah (HISSI) Sumatera Utara, dan juga Mudir Pendidikan Tinggi Kader Ulama MUI Binjai sampai saat ini. 

Ia juga aktif berdakwah baik secara lisan maupun tulisan di berbagai media, menulis buku dan jurnal regional, nasional dan internasional. Pengabdian Prof.DR.HM Jamil, dibidang agama terutama melahirkan kader ulama dan melahirkan berbagai sarana kepentingan islam. MUI Kota Binjai selama dipimpinnya sudah membangun perpustakaan, PTKU dan kini sedang dirintis melahirkan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran ( STIQ). Apalagi ia secara diminta pendapat dalam berbagai masalah di kota Binjai. Semoga beliau terus diberi Kesehatan, kekuatan dan kemudahan oleh Allah dalam membangun umat, bangsa dan negara.( itp.04)