PYCH Wadah Kreatif Anak Muda Papua Untuk Kembangkan Potensi

118

Jayapura-Intipnews.com: Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Papua Muda Inspiratif (PMI) telah berhasil menjalankan sejumlah program guna meningkatkan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Keberhasilan tersebut juga diwujudkan dengan dibangunnya gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai pusat pengembangan potensi bagi anak muda Papua (Foto).

PYCH merupakan sebuah wadah kreatif yang memberikan ruang dan dukungan bagi para anak muda Papua yang ingin mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang. Sementara itu, PMI adalah komunitas binaan BIN yang mengembangkan program PYCH.

PYCH menjadi bukti bahwa anak muda Papua memiliki potensi yang luar biasa di bidang seni dan kreativitas dan juga menjadi bukti bahwa inisiatif dari pemuda dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, Ondoafi George A. Awi menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dengan upayanya memajukan masyarakat Papua, khususnya anak muda.

“Atas nama masyarakat Papua, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden atas fasilitas gedung yang megah dan bagus,” ujarnya, Jumat (17/3/2023).

George A. Awi juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala BIN Budi Gunawan karena sudah membina anak-anak muda Papua. PMI merupakan organisasi yang dibina BIN untuk menjadi motor kemajuan Papua.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mendukung program ini. Kita ajak anak-anak kita masuk gedung ini supaya dibina, dilatih, digembleng, supaya terbentuk mental yang bagus. Sebab Bangsa Indonesia ke depan menghadapi tantangan globalisasi yang sangat luar biasa, maka perlu dibentuk mental mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang Koordinator di PYCH, Nanny Uswanas juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas dibangunnya gedung PYCH di Jayapura, Papua.

“Saya mewakili founder dan seluruh anggota PMI di seluruh Papua, ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Jokowi yang sudah memberikan wadah untuk pengembangan talenta di tanah Papua,” katanya.

Nanny juga menyampaikan terima kasih kepada BIN yang sudah membina dan memberikan dukungan penuh atas kreasi dan hasil karya mereka. Diharapkan gedung PYCH bisa dibangun di beberapa daerah di Papua. Sebab, wilayah Papua sangat luas dan anak mudanya tersebar di daerah-daerah lain. Itp.r