Reses Afif Abdillah SE, Berkomitmen Perjuangkan BPJS Gratis Bagi Warga

22
Reses Afif Abdillah SE, Berkomitmen Perjuangkan BPJS Gratis Bagi Warga
Anggota DPRD Medan Afif Abdilla SE Lakasanakan Reses masa sidang I Tahun ke 3 di jalan Denai Lingkungan 13 Medan Denai. (Foto: Ist)

Medan-Intipnews.com: Anggota DPRD Kota Medan Afif Abdillah SE (foto) berkomitmen akan terus memperjuangkan warga Kota Medan Dapil IV sebagai penerima BPJS Kesehatan gratis.

“Kita sudah memperjuangkan penambahan 100 ribu peserta BPJS  Kesehatan gratis di anggaran tahun 2022. Nantinya di anggaran tahun 2023 kita minta penambahan 100 ribu lagi peserta BPJS Kesehatan gratis. Hal ini dilakukan agar semua masyarakat Kota Medan dapat berobat gratis,” tegas Afif Abdillah dalam Reses masa sidang I Tahun ketiga di hadapan ratusan warga yang merupakan konstituennya di Jalan Denai Lingkungan 13, Kecamatan Medan Denai, Sabtu (18/12).

Dalam Reses yang turut dihadiri pihak kecamatan, kelurahan, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan tersebut, Afif minta Dinas Sosial Kota Medan berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan terkait penyesuaian peraturan BPJS Kesehatan. Hal ini dilakukan agar warga yang tidak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan dapat dialihkan menjadi peserta penerima BPJS Kesehatan gratis.

Dinas Sosial dan kelurahan harus segera melakukan pendataan warga yang kurang mampu agar data tersebut masuk di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Ini sangat penting  karena data tersebut terdaftar  sampai ke pusat. Apabila masyarakat sudah terdaftar di DTKS maka masyarakat bisa mendapat bantuan-bantuan dalam bentuk apa pun dari pemerintah,” jelas Afif yang juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan ini.

Lebih lanjut dikatakan Ketua DPD NasDem Kota Medan ini, DTKS Kota Medan sudah bertambah banyak. Terakhir sudah bertambah kurang lebih 200 ribuan di Kementerian. “Dengan jumlah tersebut, seharusnya warga Medan sudah bisa tercaver BPJS gratis,” cetus Afif Abdillah SE yang juga anggota Komisi II DPRD Medan ini.

Dalam Reses tersebut, beberapa warga dapil IV menyampaikan berbagai keluhan. Dari persoalan BPJS gratis yang tidak bisa dinikmati warga kurang mampu, narkoba, drainase yang tidak berfungsi sampai masalah klasik banjir di saat hujan tiba.

Seperti yang dikeluhkan Abdul Sani warga Denai, Gang Karya, Kecamatan Denai terkait maraknya narkoba di kawasan tempat tinggalnya. “Sudah banyak para generasi muda di kawasan kami tersandung narkoba. Kondisi Ini sudah sangat mengkhawatirkan. Malah persoalan narkoba ini lebih mengerikan dibanding Covid-19,” keluhnya.

Menanggapi hal tersebut Afif minta warga agar jangan takut melaporkan persoalan narkoba ke pihak berwajib, “Kalau bapak dan ibu takut melapor ke pihak berwajib datang ke DPRD Medan. Kita siap membantu melaporkan ke pihak  berwajib. Jangan dikasih aman penguna dan bandar narkoba. Buat mereka tidak nyaman,” saran politisi NasDem ini. * itp05