Ribuan Rumah Terendam Banjir, Pemko Tebingtinggi Gerak Cepat Beri Pelayanan

43
Ribuan Rumah Terendam Banjir, Pemko Tebingtinggi Gerak Cepat Beri Pelayanan
Foto: Ist

TebingtinggiIntipnews.com: Ribuan rumah terendam banjir kiriman yang melanda Kota Tebingtinggi, akibat luapan Sungai Padang, Bahilang, Kelembah dan Bangoan yang hulunya berada di Kabupaten Simalungun sejak Minggu, (21/11/2021). Sejumlah titik di Kota Tebingtinggi terendam banjir. 

Juru Bicara Pemko Tebingtinggi Dedi Parulian Siagian, Senin (22/11/2021) mengatakan, meskipun cuaca di Kota Tebingtinggi cukup baik, curah hujan di hulu sungai mengakibatkan debit air sungai meningkat drastis mengakibatkan banjir di beberapa titik di Kota Tebingtinggi, karena kapasitas tampung sungai yang ada di Kota Tebingtinggi tidak mampu menampung debit banjir. 

“Ketinggian air di pintu bendungan irigasi Bajayu pada pagi hari Senin (22/11/2021) pukul 06.00 WIB tercatat, 14.50 normal 12,80 atau 1,70 di atas permukaan normal. Namun untuk mempercepat aliran sungai setelah dibuka semua pintu, tercatat air di bendungan dengan ketinggian 13,70 atau atau 90 cm di atas permukaan normal. Sementara 3 sungai yang lain masih belum turun ketinggiannya, namun pengaliran air berjalan lancar. 

Dedi Parulian Siagian menjelaskan, Pemko Tebingtinggi melalui Damkar, Dinas Sosial, BPBD, Satpol PP, Camat dan Lurah langsung melakukan penyelamatan, evakuasi, pembuatan dapur umum dan penyaluran sembako berupa beras, mi instan, telur, minyak makan, bubuk teh serta air mineral.

Pembangunan Posko pengungsian dan kesehatan bekerjasama dengan jajaran Polres Tebingtinggi, Koramil 13/TT, Tagana, RAPI dan elemen masyarakat lainnya.