Ribuan Warga Salat Iduladha, 868 Ekor Hewan Qurban di Tebingtinggi

156

Tebingtinggi-Intipnews.com: Pemerintah Kota Tebingtinggi menggelar shalat Ied Idul Adha 1444 H/2023, di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, Kamis (29/6/2023). Selain di Lapangan Merdeka, Sholat Idul Adha juga dilaksanakan di 192 Masjid yang ada di Kota Tebingtinggi.

Hadir dalam Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, M.Si, unsur Forkopimda, OPD, serta ribuan warga masyarakat Kota Tebingtinggi.

Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi, Syarmadani mengatakan, bahwa momentum Idul Adha 1444 H merupakan pelaksanaan ibadah selain ketaatan kepada Allah dan ibadah sosial.

“Dan kami sangat berharap, ini juga menjadi momentum bagi kita semua sebagai bentuk kesadaran bersama, bangkit bersama pasca kita menghadapi berbagai cobaan baik sifatnya terkait pandemi Covid-19, terkait inflasi dan berbagai permasalahan lain, mudah-mudahan dengan kebaikan ini ke depan kehidupan kita semakin baik,” harap Pj. Wali Kota

Sementara dalam khutbah yang disampaikan Prof. Dr. H. Ansari Yamamah, MA (Guru Besar UINSU Medan), menegaskan, ibadah Haji atau ibadah kurban memberikan pesan yakni kita harus menjadi orang-orang yang berani, jujur dan adil dalam menegakkan kebenaran dan mencegah segala kemungkaran. 

“Oleh karena itu, orang-orang yang beriman sesungguhnya merekalah yang dapat memegang kunci keadilan itu,” ujarnya.

Kemudian agar orang-orang yang beriman itu mempunyai kepedulian sosial, mempunyai rasa persaudaraan, rela untuk berbagi kebahagiaan.

Selanjutnya ibadah kurban ini mengajarkan kepada kita untuk keberanian mengurbankan Ismail-ismail, berhala-berhala atau sesuatu dan membuat kita jauh kepada Allah, menjauhkan kita dari Allah SWT. 

Dan bahwa dialog spiritual antara Nabi Ibrahim dan Ismail AS dan dihadiri oleh Siti Hajar, mengajarkan ada dialog yang berbeda antara 2 generasi. Generasi muda yang mempunyai rasa hormat kepada orang tua, rasa hormat kepada pemimpin, mendidik mereka, mempunyai rasa kasih sayang.

“Dan tentu juga peristiwa ini mengajarkan bagaimana mengajar generasi muda kita, generasi yang benar siap dengan kekuatan iman, persaudaraan, kepedulian, ilmu pengetahuan menghadapi perubahan jaman digitalisasi yang berkembang pesat hari ini,” pesan Prof H Ansari Yamamah dalam khutbahnya.

Setelah mengikuti shalat Idul Adha, Pj. Wali Kota bersama Pj. Sekdako dan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra mengikuti penyembelihan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi di halaman parkir Balai Kota.

Masih dalam rangkaian ibadah Idul Adha, sebanyak 868 ekor hewan qurban yang terdiri dari 689 ekor lembu dan 159 ekor kambing, disembelih diberbagai kelurahan di Kota Tebing Tinggi.

Hewan qurban tersebut berasal dari berbagai instansi dan warga masyarakat yang melaksanakan qurban dihari Raya Idul Adha tahun 2023.Itp05