Rosiani br Rumasondi Memeluk Agama Islam di Nagan Raya

197
Rosiani br Rumasondi Memeluk Agama Islam di Nagan Raya
Rosiani br Rumasondi memeluk agama Islam yang dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Muslimin, Desa Blang Teungoh, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. (Foto: Des)

Nagan RayaIntipnews: Rosiani br Rumasondi, seorang gadis yang berasal dari Desa Tanjungberingin, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), atas kesadaran dan keikhlasan serta tanpa ada paksaan dari pihak mana pun, ingin berpindah keyakinan dan memeluk Islam sebagai agama barunya.

Selah mendengar ada salah satu warganya yang berkeinginan masuk Islam, pihak Desa dan Kecamatan pun langsung berkoordinasi untuk melaksanakan acara Peusijuek (Syukuran) untuk keinginan Rasiani boru Rumasondi menjadi seorang mualaf.

Peusijuek adalah sebuah prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Tradisi peusijuek ini dilakukan pada hampir semua kegiatan dalam kehidupan masyarakat di Aceh.

Pada Senin, 11 Oktober 2021, tepatnya di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Muslimin, Desa Blang Teungoh, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, akhirnya niat atau keinginan ikhlas Rosiani boru Rumasondi untuk memeluk agama Islam terlaksana.

Acara tersebut dihadiri Camat Kuala, Kepala Desa (Kades) Blang Teungoh, Ketua Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Nagan Raya, Humas GMBI, Pimpinan Dayah Desa Blang Teungoh, Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Pendamping Desa dan Ketua Tuha Peut.

Gadis mualaf yang lahir di Desa Tanjungberingin, Provinsi Sumatera Utara pada 13 Desember 1996 ini, akan mendalami ajaran agama Islam sebagaimana muslim lainnya agar dirinya kelak bisa dibimbing menjadi seorang wanita yang salehah. 

Isak tangis dan haru tampak dari wajah Kepala Desa (Kades) dan Camat Kuala Kabupaten Naga Raya serta tamu undangan lainnya usai Rosiani mengucapkan dua kalimat syahadat, yang merupakan syarat mutlak untuk seseorang memeluk agama Islam.

Kades Blang Teungoh, Adnan Ali berpesan kepada Rosiani br Rumasondi agar selalu melaksanakan salat lima waktu dan belajar membaca Alquran, dan menjauhi segala larangan dalam ajaran agama islam. * Itp-Des