RSUD Porsea Targetkan Peningkatan Akreditasi

216
Foto: Terlihat Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak SE didampingi Asisten Pemerintahan Eston Sihotang Spd dan Direktur RSUD Porsea Tommy Siahaan saat menerima tim surveyor di RSUD Porsea,Senin (5/12/2022.Itp/Ist

Toba-Intipnews.com : Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS) kembali melakukan survei akreditasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea Kabupaten Toba.

Akreditasi dilakukan selama 2 hari, terhitung sejak 05-06 Desember 2022. Survei lapangan sendiri dilakukan langsung oleh Tim Surveyor LAM-KPRS yang dipimpin oleh dr.Hendy Tan SpOG MARS MOG dan Ns.Endang Sulastri SKep M Kep disambut Direktur RSUD Porsea dr Tommy Siahaan.

Wakil Bupati Toba (Wabup) Tonny M Simanjuntak SE dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan survei akreditasi mengatakan, bahwa akreditasi ini merupakan upaya dalam menjaga mutu pelayanan kesehatan.

Akreditasi digunakan sebagai peningkatan kualitas pelayanan sehingga bermuara pada keselamatan pasien. Dan juga untuk menjaga pelayanan mutu rumah sakit kepada pasien,” ujar Wabub.

Wabup Tonny juga mengungkapkan, manajemen rumah sakit wajib melakukan re-akreditasi secara berkala minimal tiga tahun sekali.

Proses akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit sesuai dengan penilaian. Terutama bahwa rumah sakit itu telah memenuhi standar akreditasi dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Akreditasi juga agar rumah sakit dapat memberikan pelayanan kepada pasien yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien. Selain itu, ujarnya, agar rumah sakit mampu menjalankan kode etik rumah sakit, etik profesi, dan etik perilaku di rumah sakit.

“Akreditasi rumah sakit ini dilakukan idealnya adalah setiap tiga tahun sekali. Tujuannya untuk menjaga pelayanan mutu rumah sakit kepada pasien, baik secara fungsional dan manajerial untuk memberikan hasil pelayanan optimal kepada masyarakat di Kabupaten Toba,”katanya.

Turut mendampingi Wakil Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakya Eston Sihotang Spd. Itp Mantap