RSUP HAM Gelar Peringatan Hari Kanker Anak Sedunia Bersama Pasien

31
Foto itu direktur rsup h adam malik dr zainal safro SpPD-KKV SpJP sedang berbincang dengan salah seorang penderita kanker

Medan-intipnews.com: Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menggelar peringatan International Childhood Cancer Day atau Hari Kanker Anak Sedunia di selasar depan Ruang Rawat Inap Anak dan Perinatologi Sub Instalasi Rawat Inap Terpadu (Rindu) B, Selasa (15/02/2022). Hari Kanker Anak Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Februari ini melibatkan para pasien kanker anak yang menjalani pengobatan di RSUP HAM.

Acara yang terselenggara atas kerja sama Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit (PKPRS) RSUP HAM dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUP HAM ini dibuka oleh Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K). Turut hadir mendampingi, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang Dr dr Fajrinur MKed (Paru) SpP (K) bersama Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Drs Jintan Gintang Apt MKes.

“Hari ini kita semua berada di sini dalam rangka bahwa kita hadir bersama anak-anak kita ini, kita hadir memberikan support (dukungan), bahwa anak-anak kita ini punya hak untuk mendapatkan perhatian yang lebih,” ucap dr Zainal dalam kata sambutannya.

Pelayanan kanker atau onkologi sendiri merupakan salah satu layanan unggulan di RSUP HAM. Ke depannya, rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini juga akan membangun gedung onkologi terpadu untuk meningkatkan pelayanan dan perawatan kanker.

Acara peringatan Hari Kanker Anak Sedunia di RSUP HAM ini dilanjutkan dengan dongeng bersama relawan dari Pasukan Pendongeng. Kemudian, panitia juga membagikan bingkisan kepada para pasien kanker anak yang hadir bersama dengan orang tua mereka. Jajaran direksi juga sempat mengunjungi sejumlah pasien kanker yang sedang menjalani perawatan.

Dalam kegiatan ini, hadir pula dokter ahli onkologi anak RSUP HAM Prof dr Bidasari Lubis SpA (K) dan dr Olga Rasiyanti Siregar SpA (K), Ketua Kelompok Staf Medis (KSM) Anak RSUP HAM dr Pertin Sianturi SpA (K), Ketua DWP RSUP HAM dr Cherry Siregar MKes MKedClin SpMK, Kepala Instalasi PKPRS RSUP HAM dr Tengku Winda Ardini MKed (Cardio) SpJP (K), beserta jajaran manajemen RSUP HAM. (Bib)