Sah, Pasangan Ganjar-Mahfud Resmi Ikuti Kontestasi Pilpres 2024

44

Jakarta-Intipnews.com: Pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10).

Ganjar dan Mahfud menyerahkan sejumlah dokumen yang diperlukan untuk dapat ditetapkan sebagai pasangan capres dan cawapres ke KPU.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang turut hadir mengatakan pihaknya mengapresiasi KPU dan Bawaslu yang memfasilitasi pendaftaran hari ini dengan baik, serta mendukung penyelenggaraan Pemilu dengan bebas dan rahasia.

“Kami percayakan kepada KPU untuk memverifikasi dokumen yang ada. Kami berharap benar-benar dapat dilaksanakan jujur, adil, umum, dan rahasia,” ujarnya.

Menurutnya, Ganjar dan Mahfud menggelorakan harapan baru dan memiliki komitmen dalam menegakkan keadilan. 

“Keduanya memiliki pengalaman yang mumpuni untuk memupuk harapan nyata bagi bangsa Indonesia,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Capres Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya telah memberikan dokumen yang dipersyaratkan.

“Legalitas telah terpenuhi dan insya Allah melalui visi misi yang telah disampaikan kepada KPU, kami dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan negara,” katanya.

Ganjar mengungkap kedepannya ingin mendengar masukan-masukan dari masyarakat. Ia juga akan melibatkan generasi muda dalam kampanyenya.

“Kita ingin membangun Indonesia lebih cepat. Dalam kampanye kami ingin melibatkan generasi muda dimana ada generasi Z dan generasi milenial,” terang Ganjar.

Di hadapan wartawan, pria berambut putih itu juga mengatakan akan melanjutkan program pemerintahan yang baik, dan akan memperbaiki yang kurang baik. Selain itu, bersama Mahfud, juga akan memegang kuat isu pangan agar mencapai kedaulatan.

“Isu digitalisasi juga kami akan prioritaskan untuk transparansi anggaran. Termasuk isu energi yang akan kami prioritaskan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyambut baik pendaftaran Ganjar-Mahfud di KPU.

“Kami berterima kasih hari ini pendaftaran calon dapat berjalan baik. Pasangan Ganjar-Mahfud dinyatakan telah lengkap. Kami akan memverifikasi dokumen yang ada. Jika ada yang harus diperbaiki masih ada waktu,” jelas Ketua KPU. 

Lebih lanjut, Hasyim menyatakan bahwa jadwal tes kesehatan akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2023. ITP.r