Sejumlah Pedagang Balerong Balige Lakukan Aksi Protes Minta Haknya di Kembalikan

267
foto :istimewa
Foto: para pengunjuk rasa menggunakan spanduk dan poster yang dibawa para pedagang yang didominasi ibu-ibu. Ito/Ist

Toba-Intipnews.com : Sejumlah pedagang pasar Balerong Balige melakukan aksi protes di depan pintu pasar Jalan Sisingamangaraja XII Balige, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Jumat sore (16/9/2022).

Dalam aksi, para pengunjuk rasa menggunakan spanduk dan poster yang dibawa para pedagang yang didominasi ibu-ibu.

Adapun tulisan nya berisi tuntutan seperti tolak bangunan tidak layak, kembalikan hak para pedagang, mana transparansi soal jumlah, di mana saja kalian selama ini, kami warga Toba.

Aksi para pedagang tersebut mendapat perhatian dari masyarakat khususnya para pengendara yang melintas di jalan lintas Sumatera yang berada di pusat Kota Balige.

Dengan kecepatan Intelijen memberikan informasi kepada pimpinan untuk aksi spontan para pedagang bertepatan dengan hari pekan di daerah Balige.

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH SIK yang di wakili Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian SH dengan turun ke lapangan di depan Balerong ( Pasar Balige) bersama anggota untuk melakukan pengamanan dan kawal aksi spotanitas Unjuk Rasa (Unras) yang mulai sekira pukul 16.30 WIB untuk menjaga kejadian yang tidak kita inginkan.

Untuk menjaga kelancaran Aksi spontanitas para pedagang balerong Balige terlihat Kapolsek Balige bersama personel Polsek Balige dengan sabar mengamankan aksi tersebut , sedangkan petugas dari Dinas Perhubungan Toba bersama Polisi Satuan Lalulintas mengatur arus lalu lintas.

Aksi spontanitas Unras di depan balerong Balige berjalan dengan baik dan aman situasi Keamanan , Ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kondusif sampai para unras selesai dan membubarkan diri.

Sehari sebelumnya, Kamis siang (15/9/2022), sebagian besar para pedagang sudah mengikuti sosialisasi dimana sebelumnya dipindahkan sementara ke lapangan SM akan menempati pasar balerong Balige yang selesai pembangunannya.

Pada sosialisasi yang dipandu Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc, Wakil Bupati Tonny Simanjuntak SE, Sekda Drs Augus Sitorus dan pejabat terkait itu,berlangsung alot sampai sore hari. Namun sudah menemukan tanda-tanda titik terang kepada pedagang pasar.

Hasil sosialisasi tersebut,salah satunya,para pedagang meminta agar secepatnya pemindahan pedagang pasar yang sudah 2 tahun di lapangan SM Raja XII tersebut,  dipindahkan untuk penempatan kembali ke Pasar Balerong Balige.Itp Mantap