Sinergitas Lintas Sektoral Kunci Sukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024

6

Oleh : Aditya Anggara

Dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pihak Aparat Keamanan (Apkam) mempunyai peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional. Namun, sinergitas bersama stakeholder terkait dan seluruh elemen masyarakat menjadi hal penting untuk bersama-sama mencegah terjadinya berbagai macam ancaman jelang Pemilu.

Sinergitas lintas sektoral adalah kolaborasi antara berbagai pihak dalam masyarakat, termasuk pemerintah, partai politik, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), dan warga negara, untuk memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan baik, adil, dan sesuai dengan demokrasi yang sehat. Kondusifitas pemilu mengacu pada keadaan di mana pemilu dapat berjalan tanpa gangguan, ancaman, atau kekerasan yang mengancam keamanan dan ketertiban.

Dalam konteks pesta demokrasi, sinergitas lintas sektoral adalah faktor kunci yang dapat membantu menjamin suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi. Ada beberapa aspek sinergitas yang penting untuk kesuksesan pesta demokrasi.

Pertama, Partisipasi Masyarakat. Kesuksesan pesta demokrasi sangat bergantung pada partisipasi masyarakat yang aktif. Sinergitas antara masyarakat, kelompok masyarakat, dan lembaga pemerintah adalah penting agar pemilih merasa didengar dan merasa memiliki proses demokrasi.

Kedua, Kolaborasi antara lembaga pemerintah. Kerjasama antara lembaga pemerintah, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan lembaga terkait lainnya, harus dijaga dengan baik. Ini melibatkan koordinasi yang efisien dan saling mendukung dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pemilu.

Ketiga, Transparansi. Sinergitas membutuhkan transparansi dalam seluruh proses pelaksanaan Pemilu. Hal ini mencakup penyediaan informasi yang jelas tentang calon, platform, peraturan Pemilu, dan hasil pemilu kepada masyarakat. Transparansi juga penting dalam pembiayaan kampanye politik.

Keempat, Keterlibatan Media dan Jurnalis.

Media memiliki peran yang sangat penting dalam menyebarkan informasi yang objektif dan berimbang. Hubungan yang baik antara media dan lembaga pemilihan serta pemangku kepentingan lainnya dapat meningkatkan sinergitas dalam memberikan berita yang berkualitas selama pelaksanaan pemilu.

Kelima, Pengawasan Independen. Organisasi pengawas independen seperti Bawaslu memiliki peran kunci dalam memastikan Pemilu berjalan dengan adil dan bersih. Sinergitas antara Bawaslu, pihak berwenang, dan pemangku kepentingan lainnya penting untuk menjaga integritas pemilu.

Keenam, yaitu Keamanan. Pihak aparat keamanan harus saling bekerja sama untuk menjaga ketertiban selama pemilu. Sinergitas ini penting untuk menghindari konflik dan gangguan yang dapat mengganggu proses pelaksanaan pemilu.

Sinergitas merupakan faktor kunci untuk menjamin kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024. Karena sinergitas dari seluruh pihak terkait sangat diperlukan dan harus semakin solid, khususnya dalam mengantisipasi berbagai konflik yang mungkin bisa saja terjadi pada setiap tahapan Pemilu.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan pentingnya sinergitas dengan TNI, masyarakat, hingga tokoh agama untuk saling menjaga persatuan jelang Pemilu 2024. Selain itu, pihaknya akan mempersiapkan semua kekuatan, baik personil, peralatan maupun cara bertindak sesuai peraturan yang berlaku, serta terus meningkatkan koordinasi lintas sektoral, sehingga dalam perhelatan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan aman.

Menjelang pelaksanaan Pemilu, harus bersama-sama serta saling mendukung satu sama lain untuk meningkatkan sinergitas lintas sektoral. Maka dari itu, sinergitas lintas sektoral ini berguna untuk menyamakan persepsi, menyelaraskan rencana, serta tindakan yang akan dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan pemilu. Sehingga pelaksanaan pengamanan Pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai. 

Hal senada juga dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD yang menegaskan Pemilihan Umum Serentak 2024 sudah masuk pada tahapan-tahapan yang telah ditentukan. Pemerintah siap bersinergi dan memfasilitasi guna memperlancar jalannya pemilu tersebut.

Selain itu, berbagai isu mengenai kesiapan Pemilu 2024 baik dari sisi potensi permasalahan bidang polhukam, identifikasi provinsi dengan tingkat kerawanan tinggi pemilu, penyiapan anggaran kebutuhan pemilu, rencana keamanan, dan antispasi berbagai fasilitas yang harus disiapkan.

Mahfud berharap sinergitas Pemerintah dalam memastikan tahapan-tahapan pemilu terlaksana dan berjalan semestinya, serta dapat diantisipasi setiap kendala sehingga pemilu berjalan dengan aman dan lancar. Selain itu, seluruh stakeholder perlu bekerja semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban dalam setiap tahapan pemilu 2024.

Sinergitas lintas sektoral dan kondusifitas pemilu sangat penting untuk menjaga demokrasi yang sehat dan menghindari konflik dan ketegangan yang dapat mengganggu stabilitas politik. Oleh karena itu, kerja sama antara pemerintah, partai politik, LSM, dan masyarakat sipil sangat dibutuhkan untuk mencapai pemilu yang adil dan aman. Pemilu 2024 diharapkan dapat berjalan dengan sukses, serta tanggung jawab bersama untuk keamanan pemilu antara semua pemangku kepentingan dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip hak asasi manusia dalam keamanan Pemilu.

Oleh karena itu, kesuksesan pesta demokrasi membutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, pemerintah, lembaga pengawas, media, dan organisasi masyarakat sipil. Sinergitas antara semua pihak ini adalah kunci untuk menjaga integritas pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, dan memastikan bahwa hasilnya mencerminkan kehendak rakyat.

 Penulis adalah Pengamat Politik Dalam Negeri