Sinyal Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Sangat Kuat

52
Fpto-Ilustrasi-Ist

Oleh : Indrawan Varendra Edward
Sinyal dari Presiden Jokowi semakin hari menjadi semakin menguat saja, khususnya dalam kaitan bagaimana arah gerak dukungan yang hendak beliau berikan untuk pelaksanaan Pilpres yang akan segera dilaksanakan pada tahun 2024. Dukungan tersebut menjadi sangat jelas dan semakin mengerucut hanya kepada sosok Ganjar Pranowo.

Seorang pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menilai bahwa sampai saat ini, dan justru semakin ke sini, Presiden Republik Indonesia (RI) ketujuh, yakni Joko Widodo (Jokowi) terus saja memberikan berbagai macam sinyal yang kuat bahwa dirinya memang menjatuhkan dukungan kepada sosok calon presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), yakni Ganjar Pranowo dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik di Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.
Ujang Komaruddin menyampaikan bahwa memang sejatinya Kepala Negara sendiri juga merupakan seorang kader dari PDI Perjuangan, yang mana dirinya sudah menentukan arah dukungan yang hendak dia berikan itu kepada siapa, termasuk juga bukan hanya sekedar dukungan dia secara pribadi saja, namun bagaimana arah gerak dari para sukarelawannya yang selama ini terus dengan setia menunggu komando dari Kepala Negara.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memang sosok dari Presiden Jokowi sendiri memiliki relawan yang jumlahnya tidaklah sedikit, apalagi dirinya juga merupakan sosok kader yang sama dengan partai dari Ganjar Pranowo, yakni PDI Perjuangan, sehingga jiwa dan darah yang dia miliki pasti juga berwarna merah.

Sebagai informasi bahwa Presiden RI ketujuh itu juga sempat hadir secara langsung dalam puncak perayaan Bulan Bung Karno yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno (GBK), yang mana pada kesempatan tersebut dirinya juga sempat menyampaikan sebuah pidato.
Dengan sangat jelas dapat ditangkap bahwa memang secara psikologis, pidato yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo itu memiliki arah dukungan tertentu, yang mana arahnya memang sudah sangat mencerminkan dukungannya kepada sosok Ganjar Pranowo sebagai Capres Indonesia tahun 2024 mendatang.

Kemudian, analisis lainnya yang dapat disampaikan adalah karena memang secara ideologis, kedua pemimpin ini memiliki nilai-nilai sama yang mereka perjuangkan, karena mulai dari Ganjar Pranowo, Presiden Jokowi hingga Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, seluruhnya sangat jelas mengikuti jejak langkah ataupun ideologi yang dimiliki oleh Presiden RI pertama, yakni Ir. Soekarno.
Sinyal kuat lain yang sudah jelas ditunjukkan akan seperti apa arah dukungan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada sosok Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut adalah ketika terdapat sebuah momen bahwa mereka berdua sempat melakukan agenda makan malam bersama.
Tentunya dengan adanya momen itu, kemudian membuat para pengamat menjadi snagat yakin dan menilai bahwa agenda pertemuan yang dilakukan antara keduanya tersebut semakin memperkuat lagi sinyal-sinyal akan dukungan yang diberikan oleh Kepala Negara kepada capres dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu.

Melihat bagaimana adanya momen kedekatan secara personal dan cukup intim yang dilakukan antara Presiden Joko Widodo dengan Ganjar Pranowo dalam agenda makan malam bersama itu, Pengamat Politik SMRC, Saidiman Ahmad kemudian menilai bahwa unggahan tersebut memang semakin memperjelas bagaimana dukungan Kepala Negara kepada Gubernur Jateng tersebut. Terlebih, memang kedua tokoh ini juga berasal dari partai yang sama.
Selain itu, mengapa Kepala Negara memberikan banyak sinyalnya untuk mendukung Ganjar Pranowo, hal tersebut dikarenakan memang hanya sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih itulah yang merupakan tokoh paling mungkin untuk bisa terus melanjutkan dan bahkan terus mengembangkan secara program pembangunan termasuk visi dan misi yang dimiliki oleh Presiden Jokowi selama memimpin Indonesia dalam 2 (dua) periode terakhir ini.

Karena, memang juga sama sekali tidak bisa dipungkiri bahwa adanya keberlanjutan akan kepemimpinan juga merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diupayakan oleh para pemimpin masa depan Tanah Air. Poin lain adalah karena kedua pemimpin dan tokoh politik dari PDI Perjuangan itu sama-sama memiliki profil yang hampir mirip.

Kemiripan profil yang dimiliki antara Ganjar Pranowo dengan Presiden Jokowi sendiri adalah karena keduanya dinilai merupakan sosok pemimpin yang sangatlah merakyat, dekat dengan rakyat dan juga sangat sederhana. Diketahui dalam berbagai momen, Capres PDI Perjuangan itu bahkan secara langsung mengunjungi masyarakat hingga melakukan blusukan ke pasar tradisional untuk berdialog secara langsung dan mendengarkan bagaimana keluh kesah yang dimiliki oleh warga, sehingga kemudian dirinya langsung memiliki inisiatif yang cepat dalam berupaya menyelesaikan persoalan tersebut.

Berbagai macam hal tersebut merupakan serangkaian sinyal yang semakin hari kian kuat, menunjukkan bahwa memang sudah tidak perlu diragukan lagi kalau Presiden Jokowi terus memberikan dukungannya secara sepenuhnya hanya kepada sosok yang akan meneruskan seluruh kinerjanya di masa mendatang, yakni Ganjar Pranowo.

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Cirebon