Soekowardojo: Harga Komoditas Pangan Stabil Kecuali Minyak Goreng

16
Soekowardojo Harga Komoditas Pangan Stabil Kecuali Minyak Goreng
Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Soekowardojo. (Foto: Ist)

MedanIntipnews: Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Soekowardojo mengatakan, stabilitas harga komoditas pangan strategis masih relatif stabil, kecuali untuk minyak goreng.

Hal tersebut diperkuat dengan hasil survei aliran pasokan Bank Indonesia yang menunjukkan aliran pasokan pada pedagang besar di Kota Medan masih relatif stabil, serta kecukupan stok di gudang Bulog khususnya untuk beras.

“Untuk harga pangan strategis terpantau stabil pada 22 Oktober 2021, kecuali untuk minyak goreng. Hingga saat ini harga minyak goreng masih terpantau relatif tinggi, dipicu oleh naiknya harga CPO global,” ujarnya, Senin 25 Oktober 2021.

Melihat perkembangan ini, TPID Sumatera Utara melalui Biro Perekonomian dalam proses penjajakan kerjasama antara BUMD PT Perkebunan Sumatera Utara dengan PT KIM untuk produksi minyak goreng Sumut Bermartabat. 

Begitu juga di bulan September 2021, ketahanan sistem keuangan membaik tercermin dari tingkat profitabilitas (ROA) yang meningkat dan rasio BOPO yang relatif menurun bahkan lebih rendah dibandingkan rasio sebelum pandemi.