Soroti Kemerosotan Etika Demokrasi, Romo Magnis Doakan Kemenangan Ganjar

8

Jakarta-Intipnews.com: Romo Franz Magnis Suseno mendoakan kemenangan untuk Ganjar Pranowo dan sempat menyoroti adanya kemerosotan etika demokrasi di Indonesia belakangan ini.

Capres nomor urut tiga tersebut bertemu dengan Romo Magnis dan membicarakan seperti apa nasib bangsa ke depannya.

“Kami sebetulnya membicarakan Indonesia itu masih tetap mempunyai masa depan yang cerah,” ujar pendeta Katholik itu.

Baginya, masih ada PR yang harus diselesaikan oleh bangsa, seperti halnya adanya masalah kemerosotan etika demokrasi dan praktik korupsi, kolusi serta nepotisme (KKN).

“Tetapi kita harus mengatasi masalah-masalah yang sekarang dirasakan. Masalah seperti korupsi, masalah kemrosotan etika demokrasi,” ungkap Romo Magnis, Sabtu (25/11).

“Kita harus kembali kepada kejujuran, perpolitikan itu bukan memenangkan kiri-kanan, tetapi memenangkan, menyelamatkan dan memajukan bangsa Indonesia,” katanya.

Filsuf sekaligus rohaniawan ttu kemudian memberikan doa kepada mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

“Saya tidak ada pesan khusus. Semoga Tuhan memberkati dan silakan jalan terus,” tutur Romo Magnis.

Sementara itu, Ganjar Pranowo sendiri menyampaikan bahwa kedatangannya memang untuk bersilaturahmi dan berdiskusi dengan Romo Magnis terkait kenegarawanan, kebangsaan dan nasib rakyat.

“Kenegarawanan itu penting, teori representasi beliau ceritakan bahwa banyak orang kecil sekarang sulit siapa wakil saya yang harus menyuarakan suara saya,” jelasnya.

“Itu sebenarnya mencolek hati para politisi yang duduk di jabatan publik untuk lebih berada pada mereka, cerita soal kemiskinan, akses kemudahan menuju kesejahteraan,” tambah Ganjar.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI dua periode itu mengaku senang karena bisa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan tokoh senior tersebut.

“Saya dikasih buku. Ini buku legend. Semua orang baca etika politik, prinsip moral dasar. Saya senang mendapatkan cerita-cerita baik, cerita etika, cerita moral dalam berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,” tandas Ganjar.

Adanya peristiwa dinamika politik belakangan ini juga disoroti pula oleh para sukarelawan pendukung pasangan Ganjar-Mahfud, yang mana mereka terus saling mengingatkan akan pentingnya mengawal proses demokrasi.

Divisi Jaringan Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Presiden (TKRPP) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Oktafiandi menjelaskan bahwa demokrasi yang saat ini ada merupakan hasil perjuangan dari para mahasiswa, budayawan, seniman dan para tokoh lain.

“Tugas kita setelah reformasi yakni mengawal jalannya demokrasi dengan baik. Karena ini cita-cita suci dari para founding father negara kita, supaya hak-hak masyarakat tersalurkan dan terlindungi dengan baik (lewat Pemilu) demi kemajuan negara tercinta,” katanya.

Dia sangat berharap agar nilai-nilai Pancasila dan kebhinnekaan bisa terus dipupuk.Itp.r