Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar: KTT ASEAN 2023 Lebih dari Sekadar Ajang Promosi Indonesia ke Kancah Internasional

45

Jakarta-Intipnews.com: Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 akan segera diselenggarakan pada bulan Mei 2023 ini. Seperti diketahui, Indonesia secara resmi terpilih menjadi ketua sekaligus tuan rumah pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 dan ke-43 tahun 2023.

Adapun ASEAN merupakan singkatan dari The Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-bangsa di Asia Tenggara, yang dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Terdapat lima negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Oleh karena itu, setiap tanggal 8 Agustus, kita memeringati Hari ASEAN atau ASEAN Day.

Merujuk siaran pers yang dilansir situs resmi ASEAN Indonesia 2023, pelaksanaan puncak KTT ASEAN ke-42 akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 Mei 2023. Pelaksanaan agenda KTT ASEAN ke-42 tahun 2023 ini akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Sementara KTT ASEAN ke-43 akan diselenggarakan pada bulan September 2023 di Jakarta.

Melalui tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, untuk kemakmuran rakyat ASEAN.

Staf Khusus Presiden Republik Indonesia (RI), Billy Mambrasar (Foto-Ist) ikut serta dalam mendukung rangkaian acara KTT ASEAN 2023. Dirinya mengatakan, Presiden Joko Widodo selalu mengetahui bagaimana momentum global dan regional untuk mempromosikan bangsa Indonesia ke kancah internasional. Terbukti dengan diselenggarakannya KTT ASEAN 2023 tersebut.

“Kita bisa melihat bagaimana suksesnya penyelenggaraan Asian Games, kemudian G20, serta KTT ASEAN 2023 yang akan dilakukan di Labuan Bajo pada tanggal 9 Mei 2023 nanti,” ucap Billy Mambrasar, Senin (8/5/2023).

Staf Khusus Presiden tersebut menyebutkan, ASEAN diprediksi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi global dan menjadi perhatian politik dari berbagai bidang, baik geopolitik, ekonomi, sosial dan budaya.

“Tujuan dari tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth ini bukan hanya ajang untuk promosi Indonesia, namun Presiden mengangkat harkat dari negara RI ke level global,” ujar Billy Mambrasar.

Dirinya mengucapkan rasa syukur dan selamat atas diselenggarakannya KTT ASEAN ke-43. Billy Mambrasar juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan keseluruhan jajaran yang telah berhasil mematangkan hingga jalannya acara ini.

“Maju terus Indonesia, maju terus ASEAN,” tutup Staf Khusus Presiden RI asal Papua tersebut.Itp.r