Tak Hanya Bangkitkan Peradaban Islam, Masjid Mandiri Harus Bermanfaat Untuk Sesama

13

Medan-Intipnews.com: Membangkitkan kembali fungsi masjid seperti di zaman Rasulullah SAW menjadi harapan yang disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution (Foto) saat melaksanakan Safari Jum’at di Masjid Al Ma’ruf, Jalan Sidorukun Medan, Jum’at (11/8/2023). Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga diharapkan menjadi sarana bangkitnya peradaban Islam di Kota Medan lewat ragam kegiatan.

“Dari sekitar 1.115 masjid di Kota Medan yang kita miliki, mungkin hampir sebagian kita melihat terjadi degradasi fungsi. Sebagai tempat ibadah sudah pasti, namun, banyak hal lain yang bisa kita lakukan di masjid seperti zaman Rasulullah misalnya berdiskusi dan ragam kegiatan keumatan baik dalam sisi ekonomi, sosial, budaya hingga politik, ” kata Bobby Nasution.

Apalagi, imbuh Bobby Nasution, masyarakat saat ini lebih banyak mendapatkan informasi terkait ekonomi kerakyatan melalui dunia jasa keuangan. Padahal, masjid juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk saling belajar dan berbagi informasi terkait ekonomi syariah.

Untuk itu lah, kata Bobby Nasution, usai dilantik sebagai Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Aulia Rachman, Pemko Medan menghadirkan program Masjid Mandiri. Lewat program tersebut, umat Muslim bisa kembali memakmurkan masjid.

“Dalam khotbah yang tadi sama kita dengar adalah bagaimana kita sebagai umat Muslim bisa berperan lebih, bukan hanya buat agama tapi juga buat sesama. Tujuan itulah yang kami harapkan lewat hadirnya Masjid Mandiri sehingga kita bisa bermanfaat untuk sesama, membantu tetangga kita yang mungkin kesulitan,” harapnya.

Didampingi pimpinan perangkat daerah terkait di lingkungan Pemko Medan, Bobby Nasution juga menyerahkan sejumlah bantuan Rp. 50 juta untuk renovasi masjid, bantuan sosial sebesar Rp. 10 juta, akte pendirian koperasi masjid dan gerobak usaha, satu set tenis meja serta satu unit rak beserta buku dan barcode e-book.

Di hadapan para jemaah, Bobby Nasution selanjutnya menyampaikan program Pemko Medan lainnya di antaranya mengadakan pelatihan-pelatihan, terutama bagi kaum muda untuk siap dan bisa memiliki skill saat terjun ke dunia kerja. Di samping itu, mendorong mereka menjadi wirausaha dengan keahlian yang dimiliki.

“Kita juga memiliki program-program pelatihan untuk anak-anak kita. Bahkan, bersertifikat. Karena, tak jarang sekarang jika tanpa sertifikat kemampuannya sulit diakui. Mudah-mudahan program-program yang dihadirkan bisa membantu dan bermanfaat buat masyarakat,” terangnya.Itp05