Tanam Perdana Cabai Merah, Wali Kota : Upaya Pengendalian Inflasi di Kota P.Sidempuan

120
foto :istimewa
Teks Foto: Wali Kota P.Sidempuan Irsan Efendi Nasution saat menanam cabai merah demplot di Desa Baruas bersama Kelompok Tani (Poktan) Wanita Akar Harapan Muslim dan Subur Hijau, Kamis (25/8/2022).Itp/Ist

Sidempuan-Intipnews.com: Pemerintah Kota (Pemko) P.Sidempuan Sumatera Utara mendorong petani di Kota P.Sidempuan untuk terus meningkatkan hasil pertanian, mengingat potensi pasar yang masih cukup besar.

Usaha tanaman cabai adalah salah satu upaya pengendalian inflasi di Kota P.Sidempuan, karena inflasi salah satunya sering dipicu oleh lonjakan harga cabai.

Hal itu isampaikan Wali Kota P.Sidempuan Irsan Efendi Nasution usai melaksanakan penanaman cabai merah demplot di Desa Baruas bersama Kelompok Tani (Poktan) Wanita Akar Harapan Muslim dan Subur Hijau, Kamis (25/8/2022).

Irsan mengatakan inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga, yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks harga kelompok pengeluaran, dan cabai merah merupakan salah satu komoditas utama penyumbang inflasi.

“Dari data BPS Sumatera Utara untuk Kota Padang Sidempuan menyumbang inflasi per Juli 2022 sebesar 0,59 %;”ungkapnya.

Wali Kota Irsan  berharap kedepannya Kota P.iSidempuan bisa deflasi dan terus menekan inflasi, salah satunya dengan program menanam cabai secara masif. Selain menyasar seluruh desa, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Ketahanan Pangan Kota P.Sidempuan wajib menanam cabai ataupun tanaman lainnya di halaman kantor dan juga rumah masing-masing.

Sementara itu Ketua Poktan Akar Harapan Muslim menyampaikan tterima kasih atas kesediaan Wali Kota Irsan Efendi Nasution yang berkenan hadir dalam tanam perdana cabai merah demplot.

“Kami dari kelompok poktan berharap Wali Kota juga dapat hadir nantinya pada saat melaksanakan panen;”harapnya. Hadiansyah Panjaitan