Tanggapi Pemberitaan Miring, Pemdes dan Warga Aek Tinga Layangkan Hak Jawab

44
Tanggapi Pemberitaan Miring, Pemdes dan Warga Aek Tinga Layangkan Hak Jawab
Sekdes Aek Tinga, Muammar Khadafi (kiri), Ketua BPD Desa Aek Tinga, Ali Usman Hasibuan (tengah) dan mantan Sekdes Aek Tinga, Firman Soleh (kanan). | Foto: Ist)

PalasIntipnews.com: Tanggapi pemberitaan miring yang diterbitkan oleh media online dari Pekanbaru Riau dan Jakarta, Forum Pemerintahan Desa (Pemdes) dan warga masyarakat Desa Aek Tinga, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padanglawas (Palas), Sumut, gunakan hak jawab dan hak koreksi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama menegakkan aturan hukum Undang-undang (UU) nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, terkait penggunaan hak jawab dan hak koreksi, atas pemberitaan miring yang dinilai kurang lengkap informasi.

“Kami sebagai bagian dari warga masyarakat setempat yang berdomisili di Desa Aek Tinga sangat merasa resah dan sangat berkeberatan atas pemberitaan yang diterbitkan oleh satu media online dari Pekanbaru, Riau dan media online dari Jakarta,” ujar Ali Usman Hasibuan, Ketua BPD Desa Aek Tinga, kepada wartawan Minggu (14/11/2021)

“Sejauh ini, kami sebagai bagian dari Pemerintahan Desa Aek Tinga sangat berkeberatan dengan materi dari pemberitaan miring tersebut, yang secara sepihak menyudutkan kinerja Kepala Desa (Kades) Aek Tinga.

Padahal, sejauh ini kami selalu terbuka dan transparan dalam pengelolaan keuangan dana desa dan kami selaku BPD Desa Aek Tinga, aktif memberikan saran dan kritikan atas kinerja pemerintahan di Desa Aek Tinga,” tegasnya.

Menurut Ali Usman, isi pemberitaan tersebut lebih kepada penulisan berita yang sifatnya emosional, tendensius dan sentimentil.

“Masak iya, persoalan Kades Aek Tinga katanya sakit diabetes dan hiruk-pikuk bisnis pribadinya dipersoalkan tanpa adanya fakta dan bukti yang kuat langsung main tulis-tulis berita saja,” cetusnya.