Tapsel Peringati Kesaktian Pancasila Secara Virtual

44

Tapsel-Intipnews.com:Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan [Pemkab Tapsel] mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 secara virtual di Aula Sarasi 2, Lantai 3, Kantor Bupati Tapsel Desa Kilang Papan Kecamatan Sipirok, Kamis 1 Oktober 2020, Tapsel Sumatera Utara [foto].

Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun ini dengan tema ‘Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila’. Sebagai Inspektur Upacara [Irup] Presiden RI Joko Widodo berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Bupati Tapsel di wakili Sekertaris Daerah Tapsel Drs Parulian Nasution menyampaikan, “Tahun ini merupakan yang pertama kali kita lakukan bersama dengan Presiden secara virtual,” tegasnya.

Terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila bermula dari Gerakan 30 September atau G30S/PKI yang merupakan tragedi pemberontakan dengan bertujuan untuk menggulingkan pemerintah yang sah dan menggantikan Pancasila menjadi komunis.

Namun kudeta yang di laksanakan PKI akhirnya gagal. Akan tetapi ke tujuh perwira tinggi Indonesia sudah menjadi korban dari G30S/PKI. Sehari sesudahnya, pada 1 Oktober 1965 operasi penumpasan G30S/PKI di mulai.

Sehingga di setiap tanggal 1 Oktober kita selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila agar kita selalu mengenang sejarah peristiwa gugurnya tujuh Pahlawan Revolusi akibat kekejaman PKI. Dan upacara di Tapsel dihadiri, pejabat eselon 2 dan di lingkungan 3 Pemkab Tapsel. * Itp-09