Terbukti Tingkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga Miskin, Ganjar Pranowo Mendapatkan Penghargaan

47

Jakarta-Intipnews.com: Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Pendongkrak Kualitas Pendidikan Keluarga Miskin dari detikcom Awards 2023: Adapt and Transform to an Era of Change pada Kamis (21/09/2023) minggu lalu.

Salah satu kontribusinya dalam meningkatkan pendidikan bagi keluarga miskin di Jawa Tengah yakni menginisiasi 18 SMKN di Jawa Tengah (Jateng) yang memiliki keterbatasan finansial.

Ide sekolah gratis di tingkat SMKN tersebut didapatkannya berdasarkan cerita kehidupannya sendiri dan melihat anak-anak sekitar yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk menempuh pendidikan sekolah.

Menurut mantan Gubernur Jawa Tengah itu sekolah gratis tersebut memungkinkan bagi lulusan SMKN Jateng agar dapat terserap di dunia kerja dalam maupun luar negeri atau bahkan melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi.

“Yang mengharukan adalah mereka bilang, ‘Kami sudah lulus, kini di Korea Selatan, Jepang Jerman, di BUMN, membelikan orang tua rumah, membayarkan utangnya.’ Ekonominya lebih baik karena pendidikan. Terima kasih detikcom,” ujar Ganjar.

Melalui pendidikan, Ganjar berharap bisa menciptakan sumber daya manusia yang siap untuk maju, khususnya anak-anak Jawa Tengah. SMKN gratis di Jateng yang diinisiasinya itu setidaknya sudah meluluskan 1.837 alumni.

Pendiri CT Corp, Chairul Tanjung mengatakan bahwa terdapat sebuah studi yang mengungkapkan bahwa kualitas pendidikan memang sejalan dengan bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat.

Karena dengan adanya pendidikan yang baik, maka dampak atau pengaruhnya bisa secara jangka panjang dalam memperbaiki kehidupan ekonomi keluarga.

“Dalam konteks ini, kehadiran figur yang memberi perhatian besar dalam mendongkrak kualitas pendidikan keluarga miskin menjadi penting. detikcom Awards memberi tempat khusus kepada tokoh tersebut,” katanya.

“detikcom Awards kategori Tokoh Pendongkrak Kualitas Pendidikan Keluarga Miskin diberikan pada Ganjar Pranowo,” terang Chairul Tanjung

Keberhasilan program Ganjar dalam memajukan dunia pendidikan adalah dengan adanya sekolah gratos, kemudian SMKN Jateng juga menerapkan sistem full boarding, yang mana para siswanya mendapatkan fasilitas aseama, makan, seragam, hingga perlengkapan tulis.

Sementara itu, salah seorang wisudawan angkatan ke-7 (2023) dari SMKN Jateng Pati, Nadia Yuli mengungkapkan bahwa dirinya merupakan salah satu siswa yang merasakan bagaimana dampak baik program pada sektor pendidikan yang digagas Ganjar.

“Ada kerja sama antara sekolah sama pihak Global Catalyst yang memberangkatkan siswa untuk studi di Jerman. Kebetulan saya ikut program itu dan sekarang sedang latihan bahasa,” ucapnya.

Sebelumnya, Rektor Takayama College of Cars Jepang, Prof. Sakai Susumu mengutarakan bahwa dirinya ingin memberikan beasiswa kuliah bagi lulusan SMKN Jateng.

“Kami tertarik bekerja sama dengan SMKN Jateng, di mana lulusannya mendapat beasiswa kuliah di kampus kami. Kami sangat tertarik dengan SMKN Jateng karena siswanya tidak hanya terampil, tetapi juga memiliki kedisiplinan tinggi,” katanya.Itp.r