Ternyata Bunga Kecombrang Kunci Hidup Panjang Umur

434
foto :istimewa
Foto :Bunga Kecombrang.Ist

Medan-Intipnews.com: Bunga kecombrang merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan. Bunga kecombrang ini juga bisa dijadikan beragam olahan resep dan rasanya nikmat.

Selain warnanya yang menarik dan bentuknya yang cantik, ternyata khasiat bunga kecombrang untuk kesehatan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam tanaman ini terdapat beberapa nutrisi yang dapat membuat tubuh menjadi sehat. Selain itu, masing-masing nutrisi tersebut mampu mengobati berbagai penyakit.

Kandungan nutrisi tanaman etlingera elatior antara lain, Seng, Magnesium, Kalsium, Fosfor, dan Besi Kalium. Berdasarkan kandungan tersebut, ada sederet manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Lihat berikut ini manfaat bunga kecombrang yang akan Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Manfaat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan

Dilansir dari drhealthbenefits, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, manfaat tanaman ini bagi tubuh manusia adalah:

1. Dapat membersihkan darah

Darah kotor pada tubuh manusia dapat menimbulkan masalah pada beberapa organ tubuh. Salah satu efeknya adalah timbulnya jerawat. Di dalam tanaman ini, mengandung senyawa alami yang dapat membersihkan darah. Sehingga darah yang mengalir tidak membawa bakteri atau virus. Darah yang bersih akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

2. Membuat tulang dan gigi kuat

Tanaman ini memiliki kandungan mineral yang tinggi. Oleh karena itu, tanaman ini sangat baik untuk membuat kesehatan tulang dan gigi menjadi kuat. Mengkonsumsi tanaman ini sangat dianjurkan terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Otak merupakan pusat kendali dalam tubuh manusia. Jika otak kehilangan fungsinya, maka semua organ yang ada di dalam tubuh akan ikut bermasalah juga. Salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak adalah dengan mengkonsumsi tanaman ini. Bagian yang digunakan adalah bunga.

4. Mengatasi masalah kulit

Berbagai masalah kulit bisa diatasi dengan tanaman ini. Masalah kulit yang berhubungan dengan darah bersih. Karena tanaman ini bisa membersihkan darah pada tubuh, otomatis masalah yang ada pada kulit Anda juga bisa hilang.

5. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi dapat membahayakan tubuh. Untuk itu perlu mengkonsumsi cairan yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi. Cara lain untuk menjaga cairan tubuh yang hilang akibat aksi adalah dengan mengkonsumsi bunga dari tanaman ini. Karena di dalamnya mengandung air dan mineral tinggi yang dapat menggantikan cairan tubuh.

6. Dapat mengobati luka

Tanaman ini memiliki sifat anti mikroba. Sangat baik untuk merawat luka agar luka tetap steril dan cepat sembuh. Dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia, lebih baik Anda menggunakan cara alami dari tanaman ini.

7. Menetralkan asam lambung

Apakah Anda termasuk orang yang bermasalah dengan asam lambung? Jangan khawatir!. Mengkonsumsi tanaman ini secara rutin dapat menetralkan asam lambung Anda. Dengan begitu Anda tidak akan lagi mengalami maag. Namun, Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat seperti tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam. Makan tepat waktu juga bisa menjaga asam lambung tetap stabil.(kum/itp.04)