Terungkap di Pengadilan Bahwa Terlapor AW Telah Ditetapkan Tersangka

203

Gunungsitoli, Intipnews.com: Terungkap di Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Sumateta Utara jika AW terlapor kasus pemerkosaan anak dibawah umur YN (17) telah ditetapkan tersangka oleh Polisi.

“Saat sidang, IW atau istri terlapor AW mengatakan jika suaminya sudah ditetapkan tersangka atas laporan AZ atau orang tua anak korban pemerkosaan YN,” ungkap Sacrist Harefa, SH salah satu kuasa hukum YN dan SN saat ditemui usai sidang di Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Selasa 4 Januari 2022.

Saksi IW dihadapan majelis hakim menerangkan jika tanggal 12 November 2021 sekitar pukul 15.00 wib suaminya AW dijemput sejumlah petugas Kepolisian dari Polres Nias.

Kemudian mereka menyerahkan selembar surat kepada AW untuk ditandatangani, tetapi ditolak oleh AW, dimana surat tersebut dia ketahui adalah surat penetapan tersangka AW terkait laporan AZ atas kasus pemerkosaan terhadap anaknya YN yang masih dibawah umur.

Karena AW tidak menandatangani surat tersebut, Polisi kemudian membawa AW ke Polres Nias untuk diambil keterangan sebagai tersangka kasus pemerkosaan anak dibawah umur YN.

“Kita bersykur fakta fakta di Pengadilan mulai terungkap, dan menjadi bahan kita ke depan saat pemeriksaan saksi verbalisan, kenapa status tersangka AW hilang begitu saja,” ujarnya.

Dia juga menambahkan jika pada persidangan, keterangan kedua saksi tidak sinkron atau bertolak belakang, sehingga kita akan mengajukan pemeriksaan saksi verbalisan ke depan.

Dari Sacrist diketahui jika agenda sidang minggu depan afalah pemeriksaan Febrina Pasaribu atau pelapor dalam.berkas 313 tipe A yang menetapkan SN (15) sebagai tersangka pencabulan terhadap kakak kandungnya YN.

Pada konfrensi pers di Mapoores Nias tanggal 23 November 2021, Kasat Reskrim Akp.Iskandar Ginting mengakui jika AW sempat dijemput atas laporan Az terkait pemerkosaan anaknya YN.

Namun AW kemudian dipulangkan usai di periksa, karena AW bisa memberikan bukti kepada penyidik jika bukan dia pelaku pemerkosaan terhada YN, tetapi adik kandungnya sendiri SN. (Irwanto)