Tidak Gentar Dikeroyok Parpol Besar, Rakyat Makin Solid Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

16

Oleh : Arifin Kurnia
Di tengah-tengah dinamika pada konstelasi politik yang berlangsung saat ini, seluruh masyarakat justru semakin solid untuk mendukung calon presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. Memang tak bisa terbendung, keinginan rakyat semakin kuat untuk mendukung Ganjar sebagai calon presiden nantinya.

Dinamika pada konstelasi politik memang sudah wajar terjadi, terlebih lagi menjelang pemilihan presiden. Melihat sisi positifnya, justru saat-saat seperti inilah rakyat menjadi satu untuk mendukung Ganjar Pranowo maju menjadi presiden. Menurut Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP Partai PDI Perjuangan memberikan analisisnya mengenai perubahan politik yang sedang terjadi saat ini. Hasil analisis internalnya itu memunculkan keinginan rakyat untuk menjadikan Ganjar sebagai Presiden RI.

Situasi yang terjadi saat ini juga memberikan energi positif bagi Ganjar dan PDIP karena memang rakyatlah yang menginginkan sosok Ganjar menjadi pemimpin mereka. Solidaritas rakyat menjadi semakin tinggi untuk membantu memenangkan Gubernur Jawa Tengah itu menjadi pemimpin Indonesia yang ke-8. Di sisi lainnya, PDIP terus bekerja keras dan gencar untuk menyongsong Ganjar. Rakyat pun memperjuangkan Ganjar terlepas dari apapun partai politik yang dimilikinya.

Bukti bahwa rakyat betul-betul solid menunjukkan dukungannya kepada pemimpin yang identik dengan rambut putih itu terlihat melalui berbagai macam gerakan deklarasi dari masyarakat seluruh Indonesia. Salah satunya yakni, pemuda-pemudi asal Kota Pekanbaru yang mendeklarasikan komitmen dan kerelawanannya untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI ke-8. Pemuda yang tergabung dalam wadah Ganjar Connection Riau (Gacor) menuliskan di tembok bangunan GOR dengan spanduk besar yang berbunyi ‘Melayu Takkan Hilang di Bumi, Ganjar Pranowo Presiden Kami’ yang bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI yang ke-78.

Bukan tanpa alasan, Gacor mendukung Ganjar Pranowo dengan alasan yang jelas, selain beliau mampu dan memiliki arah serta tujuan yang sama dengan Presiden Jokowi, dirinya juga merupakan pemimpin dengan usia yang muda dan memiliki fisik yang bugar, sehat hingga memulai harinya dengan berlari.

Presidium Gacor Dolly San David menjelaskan bahwa artinya, mayoritas anak muda saat ini menginginkan sosok pemimpin yang cepat tanggap dan tidak lamban. Agar nantinya Indonesia siap untuk maju setiap harinya. Sosok yang sesuai dengan kriteria tersebut tidak lain dan tidak bukan yakni tercermin dalam diri Ganjar Pranowo. Alasan lainnya yang disampaikan yakni, sosok Ganjar memiliki keluarga yang baik dan dapat membenahi diri serta membuktikan dirinya terlebih dahulu sebelum bergerak ke luar.

Berbagai lapisan masyarakat juga turut mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo. Terlihat dari salah satu komunitas bernama Gus Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur yang terdiri dari para pemuda desa yang berada di bawah naungan NU itu turut serta mendukung sosok Ganjar Pranowo.

Gus Alwy Hasan selaku Koordinator GGN mengungkapkan bahwa, kegiatan tirakatan yang terdiri dari sedekah, doa bersama, hingga istighosah itu juga mendoakan Ganjar Pranowo terpilih menjadi presiden Indonesia ke-8. Menurut mereka, Ganjar merupakan sosok yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi, humanis, dan memiliki sikap perhatian ke masyarakat-masyarakat kecil. Sehingga sosok tersebut didamba-dambakan oleh mereka dan sesuai dengan keinginannya.

Sementara itu, dukungan lainnya datang dari istri-istri anggota DPRD Kota Surabaya dari Partai PDIP yang turut serta mensosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 mendatang ke kampung-kampung. Mereka terjun langsung ke masyarakat dan memasuki gang-gang di Surabaya untuk membandingkan sosok Ganjar Pranowo.

Istri Anas Karno Wakil Ketua Komisi B dari Fraksi PDIP, Indah Lestia Savitri menyebut bahwa Ganjar merupakan sosok calon presiden yang memiliki rekam jejak bagus dan sudah teruji serta cocok untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Melalui senam pagi yang digemari oleh ibu-ibu, Ganjar Pranowo menjadi semakin disukai. Bahkan, hal ini dibuktikan melalui pernyataan dari Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa para ibu-ibu juga menyukai sosok Ganjar Pranowo.

Dukungan tersebut tak berhenti sampai disitu, bersama dengan kelompok sukaralewan Santri Dukung Ganjar (SDG), ibu-ibu anggota majelis taklim di Kabupaten Pandeglang Banten turut menggelar tasyakuran dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo agar terpilih menjadi Presiden RI ke-8. Kegiatan yang dihadiri oleh banyak warga tersebut itu juga mendeklarasikan dukungannya terhadap calon presiden Ganjar Pranowo.

Dengan khusyuk, mereka mendoakan agar Ganjar terpilih menjadi Presiden RI periode 2024-2029. Alasannya yakni, sosok Ganjar dinilai memiliki kriteria yang diharapkan oleh bangsa Indonesia. Selain itu, mereka juga optimis bahwa dukungan yang diberikan warga setempat seiring berjalannya waktu terus meningkat diiringi dengan kegiatan yang bermanfaat dari sukarelawan SGD Banten. Sambutan positif itulah yang membuat Ganjar semakin kuat bahwa dirinya adalah sosok pemimpin yang dipilih oleh rakyat.

Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa Ganjar memiliki elektabilitas yang tinggi di mata masyarakat. Selain dirinya memiliki latar belakang politik yang bagus, kriteria yang sesuai dengan dambaan rakyat pun menempel pada dirinya. Dengan adanya alasan yang cukup logis itu tidak membuat pendukung Ganjar serta Ganjar Pranowo sendiri goyah, justru dengan adanya dinamika dan konstelasi politik yang sedemikian rupa ini menunjukkan bahwa Ganjar adalah sosok yang dipilih oleh rakyat.

Penulis adalah kontributor GERBANG (Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang)