Tidak Terbukti Bersalah, Hakim Tipikor PN Banda Aceh Bebaskan Terdakwa Perkara Korupsi

25
Tidak Terbukti Bersalah, Hakim Tipikor PN Banda Aceh Bebaskan Terdakwa Perkara Korupsi
Terdakwa Khasiman alias Sotong bersama Penasihat Hukumnya, Catur Ramadani SH MH dan Togar Lubis SH MH saat keluar dari Rutan Banda Aceh, Kamis 19 November 2021. (Foto: Ist)

Banda AcehIntipnews.com: Setelah melalui proses persidangan yang cukup panjang, Jumat (19/11) siang, akhirnya Majelis Hakim Tipikor PN Banda Aceh memvonis bebas  Khasiman alias Sotong (41), salah seorang terdakwa perkara tindak pidana korupsi Proyek Peningkatan Jalan Muara Situlen-Gelombang TA 2018, di Kabupaten Aceh Tenggara.

“Menyatakan Terdakwa II Khasiman alias Sotong Bin Johan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana, sebagaimana didakwakan oleh Penuntut umum.

Membebaskan Terdakwa II Khasiman alias Sotong Bin Johan oleh karena itu dari semua dakwaan penuntut umum (Vrijspraak) dan Memerintahkan agar Terdakwa dibebaskan dari tahanan dan memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat dan martabatnya”, ucap Ketua Majelis Hakim Sadri SH MH seraya mengetuk palu.

Menanggapi putusan bebas tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Aceh menyatakan akan pikir-pikir sebelum mengajukan kasasi atas putusan bebas tersebut.

Pascaputusan dibacakan, Penasihat Hukum Terdakwa, Catur Ramadani SHI MH, Togar Lubis SH MH, Suherman Nasution SH MH dan Irhan Parlin Lubis SH MH menyatakan sangat mengapresiasi putusan majelis hakim Tipikor PN Banda Aceh tersebut, yang telah membebaskan klien mereka karena tidak terbukti bersalah.

“Sejak awal kami menilai ada yang janggal dalam proses hukum dengan ditetapkannya Khasiman alias Sotong Bin Johan sebagai tersangka dalam perkara ini. Soalnya, Khasiman hanyalah seseorang yang bekerja atau makan gaji dari pelaksana proyek yaitu terdakwa lain bernama Kariyadi Bin Ahmaddin”, ujar Catur Ramadani SHI MH.