Tim Dinkes Sumut Lakukan Promosi Kesehatan ke Kabupaten Palas

81
Tim Dinkes Sumut Lakukan Promosi Kesehatan ke Palas
Foto: Istimewa

PalasIntipnews: Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan Promosi Kesehatan (Promkes) di 5 tatanan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Kabupaten Padanglawas (Palas), dalam rangka Lokus Tahun 2021.

Demikian disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Daerah Palas dr Ummy Sahara Matondang pada Jumat (8/10/2021). Acara tersebut digelar di halaman Kantor SKPD Terpadu Kabupaten Palas dan dibuka oleh Sekda Palas Arpan Nasution SSos. 

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana, yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Apalagi saat ini Pandemi Covid-19 yang berlangsung di seluruh dunia termasuk Indonesia. Karena itu, maka perlu dilakukan pencegahan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Sekda menambahkan, pencegahan Covid-19 dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga dengan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di antaranya, makan dengan gizi berimbang, cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menggunakan masker, rajin berolahraga, jaga jarak, tidak merokok, dan jaga kebersihan dan lingkungan.

Sekda juga menyampaikannya bahwa di Palas sudah melaksanakan 5 tatanan Germas, yaitu :

  1. Aktivitas fisik, dengan melaksanakan senam setiap hari Jumat antar-OPD.
  2. Kesehatan lingkungan dengan pelaksanaan desa ODF yang sudah berjumlah 37 desa dari 303 desa se-Palas.
  3. Komsumsi makan buah dan sayur setiap pertemuan sebagai pendamping Snack.
  4. Deteksi dini penyakit sudah dilaksanakan di setiap wilayah Puskesmas.
  5. Edukasi perilaku hidup sehat dengan selalu mengampanyekan Peraturan Bupati Palas Nomor 31 Tahun 2020 Tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya mencegah Covid-19.

Adapun Tim Kesehatan Provinsi Sumatera Utara yang datang ke Padanglawas antaralain, Mega Karyati SKM MKes, Deliana Sari Srg SKM MKes dan Tika Amima SKM MPH. * Sahat Gemayel Lubis