Tim Evaluasi PKK Sumut Kunjungi Desa Rawang Pasar VI

28

Asahan-Intipnews.com:Tim evaluasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) mengunjungi Desa Rawang Pasar VI Kecamatan Rawang Panca Arga yang menjadi Desa Unggulan TP PKK Kabupaten Asahan pada lomba Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (AKU HATINYA PKK) Tingkat Sumatera Utara, Kamis (10/11/2022).

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya (foto) pada sambutannya berharap Desa Rawang Pasar VI dapat masuk dan menjadi nominasi pada lomba AKU HATINYA PKK Tingkat Sumatera Utara. Titiek juga mengatakan, dengan ikut sertanya Desa Rawang Pasar VI pada lomba AKU HATINYA PKK  diharapkan dapat menambah motivasi dan membuka wawasan masyarakat desa tersebut untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada, sehingga bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri.

Sementara Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution mengatakan, AKU HATINYA PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan di sekitar rumah untuk di tanami dengan tanaman produktif, tanaman hias, tanaman toga maupun sayuran.

John juga mengatakan pemanfaatan pekarangan dapat juga dipergunakan untuk beternak, sehingga dari pekarangan yang di manfaatkan dapat mencukupi sumber karbohidrat, sumber protein sumber lemak dan mineral/vitamin sehingga pekarangan benar benar dimaksimalkan sebagai lumbung hidup, warung hidup dan apotik hidup.

Mengakhiri pidatonya John mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Provinsi Sumatera atas kunjungannya untuk melakukan evaluasi di Desa Rawang Pasar IV Kecamatan Rawang Panca Arga dalam lomba AKU HATINYA PKK.

“Besar harapan saya agar TP PKK Desa dan TP PKK Kecamatan serta TP PKK Kabupaten menggunakan kesempatan baik ini untuk benar-benar memperhatikan hal-hal yang disampaikan oleh tim evaluasi, apa yang perlu dilakukan agar program PKK dapat terlaksana dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat,”sebutnya

Dikesempatan yang sama Ketua Tim Evaluasi Vera Surayana membacakan pidato tertulis Ketua TP PKK Sumut. Dirinya mengatakan pertemuan ini merupakan sebuah keistimewaan dan kebanggaan karena mampu mencapai tahap evaluasi setelah bersaing ketat untuk lolos masuk nominasi hasil monitoring yang telah terlaksana dengan baik dan ketat untuk menentukan posisi 8 besar kategori Kabupaten dan posisi 5 besar kategori Kota.

“Selanjutnya persaingan untuk menjadi yang terbaik adalah sesuatu tantangan yang menarik untuk dihadapi dalam rangka mengukur dan menimbang tingkat kualitas dari program kerja yang telah dilaksanakan sehingga keseimbangan antara perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi dapat teranalisa dengan baik, cermat dan terukur”, ucap Ketua Tim. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian ekspos oleh Ketua TP PKK Desa Rawang Pasar VI dan dilanjutkan dengan peninjauan Tim Evaluasi kelokasi yang telah ditentukan.

Tampak hadir OPD, Camat Rawang Panca Arga, Unsur Forkopimcam Rawang Panca Arga, Kepala Desa se-Kecamatan Rawang Panca Arga,Pengerus TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kecamatan Rawang Panca Arga, Ketua TP PKK Desa Rawang Pasar VI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat. (Dolly Simbolon)