Tim Penilai Kampung Pancasila Kasad Award Tahun 2023, Lakukan Penilaian di Kabupaten Asahan

10

Asahan-Intipnews.com:Tim Penilai Kampung Pancasila Terbaik Tingkat Nasional tahap Final untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3 Tahun 2023 melakukan penilaian di Kabupaten Asahan, Senin (30/10/2023) . 

Kedatangan Tim penilai di Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan yang di ketuai oleh Brigjen TNI Taufiq Shobri, M. Han. disambut dengan sangat gembira dengan berbagai tarian Etnis Kabupaten Asahan. 

Bupati Asahan H. Surya BSc mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Penilai Kampung Pancasila beserta rombongan, hal ini bagi masyarakat kami menjadi momentum yang sangat luar biasa, mendapat kunjungan Tim Penilai Pusat Kampung Pancasila. Ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Pusat terhadap keberadaan masyarakat kami yang majemuk, namun dapat mengembangkan kerukunan dan toleransi dalam interaksi sosial masyarakat. 

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan tujuan pembentukan Kampung Pancasila adalah untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga Negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

“Dengan terwujudnya Kampung Pancasila di Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan menjadikan masyarakat di Desa ini menjadi masyarakat yang Pancasilais, terciptanya kerukunan diantara warganya serta pemahaman dan penerapan Bhineka Tunggal Ika”

Sambutan ketua Tim Penilai Brigjen TNI Taufiq Shobri, M. Han. Mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kasad Award Kampung Pancasila Tahun 2023 yang di prakarsai oleh Kepala Staff Angkatan Darat bersinergi dengan BPIP RI (Badan Pembina Ideologi Pancasila RI) dan PT Astra Internasional Tbk. 

Taufiq juga menyampaikan tujuan dibentuknya Kampung Pancasila diantaranya adalah untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas dan untuk menumbuhkan kerukunan antar umat beragama. 

“Dengan adanya lomba Kampung Pancasila ini diharapkan dapat menjadi trigger bagi Kampung lainnya untuk menjadi Kampung Pancasila berikutnya dan sebagai wadah bagi masyarakat untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ” Ujarnya

Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/AS, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Danlanal TBA, Mewakili PN Kisaran, Mewakili Danrem, Ketua FKUB, Kepala Dinas Kominfo, Forkopimcam Simpang Empat, Kepala Desa se-Kecamatan Simpang Empat, Tokoh Agama, OKP dan tamu undangan lainnya. (Dolly Simbolon)