Timnas Indonesia Taklukkan Malaysia

25
Selebrasi bek timnas Indonesia Elkan Baggott usai menjebol gawang Malaysia pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021). (Dok. PSSI

Singapuraintipnews.com: Dendam sepak bola Indonesia terbalas. Timnas Indonesia menaklukkan tim Malaysia dengan skor akhir 4-1 dan lolos ke semifinal Piala AFF 2020 pada laga pamungkas Grup B. Kunci kemenangan atas Harimau Malaya adalah kecerdikan taktik Shin Tae-yong (STY) dan mentalitas tangguh skuad Garuda.


Duel timnas Indonesia vs Malaysia pada matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/21) malam WIB, berakhir dengan kemenangan 4-1 bagi skuad Garuda. Malaysia lebih dulu unggul melalui sepakan jarak jauh Kogileswaran Raj pada menit ke-13. Namun, Indonesia bisa membalikkan keadaan dengan menjaringkan empat gol balasan. Irfan Jaya sukses memborong dua gol masing-masing menit ke-36 dan 43.


Dua gol anak asuh Shin Tae-yong lainnya dibukukan oleh Pratama Arhan (50′) dan Elkan Baggott (82′). Hasil Piala AFF 2020 tersebut membuat Indonesia lolos ke semifinal dengan status juara Grup B. Tim Garuda memuncaki klasemen akhir Piala AFF 2020 Grup B dengan nilai 10, unggul agresivitas gol atas Vietnam yang berada di peringkat kedua.


Malaysia yang menghuni peringkat ketiga harus angkat koper dari Piala AFF 2020. Pengalaman kelas dunia yang dimiliki Shin Tae-yong ditunjukkan pada laga Indonesia vs Malaysia. Taktik jitu mantan juru racik timnas Korea Selatan itu sukses membenamkan Harimau Malaya. Melawan Malaysia, Shin Tae-yong kembali membuat perubahan di komposisi starting XI timnas Indonesia. Sebelumnya, STY menerapkan formasi tiga bek ketika melawan Vietnam. Kali ini, ia memainkan skema 4-4-2 yang fleksibel menjadi 4-1-4-1 atau 4-2-3-1 saat menyerang. * kc/itp.04