Timnes Indonesia Lolos di 5 Runner-Up Terbaik

12
foto :istimewa
Teks foto : Timnas Indodnesia( ist)

Jakarta-Intipnews.com: Kemenangan atas Nepal ini membuat poin Indonesia menjadi enam. Indonesia sukses lolos sebagai runner up Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dan menemani Yordania.

Setelah menaklukan Nepal dengan skor 7-0 di Stadion Internasional Jabar Al-Ahmad, Kuwait, Rabu dini hari, 15 Juni 2022.

Sebagaimana di lansir dari Tempo.co, kemenangan Nepal  membuat Timnas Indonesia masuk ke dalam lima runner-up terbaik yang layak tampil di putaran Piala Asia 2023.

Dengan hasil ini Indonesia bakal mencatat penampilan kelimanya di Piala Asia.Sebelumnya, skuad Garuda berkompetisi pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007. Selama itu, Indonesia tak pernah berhasil lolos dari fase grup.

Jalannya Pertandingan Timnas Indonesia vs Nepal.Timnas Indonesia langsung menekan sejak menit-menit awal. Sundulan Dimas Drajad memanfaatkan umpan lambung Asnawi dari sisi kanan lapangan sukses mengoyak gawang Nepal di menit ke-6. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pertandingan semakin berat bagi Nepal setelah pemain mereka, Suman Aryal, mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-33 dan harus keluar lapangan.

Keunggulan untuk Timnas Indonesia bertambah pada menit ke-43. Gol tercipta lagi-lagi dari pergerakan Asnawi di sisi kanan lapangan.

Melakukan penetrasi ke kotak penalti, Asnawi melepaskan umpan mendatar ke arah Dimas Drajad. Menariknya Dimas memilih mengolongkan bola dan membiarkannya disepak oleh Witan Sulaeman yang berdiri bebas di belakangnya. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, melakukan pergantian pemain. Marselino Ferdinan masuk menggantikan Marc Klok dan Rafli Muhammad menggantikan Dimas Drajad.

Melawan 10 pemain Nepal, Timnas Indonesia tampak digdaya. Pasukan Garuda kembali menambah keunggulan di menit ke-54. Berawal dari kemelut di depan gawang hasil sepak pojok, Fachrudin Aryanto sukses menceploskan bola ke gawang.

Satu menit kemudian, Saddil Ramadani mencetak gol untuk mengubah papan skor menjadi 4-0 memanfaatkan umpan Rafli Muhammad.

Pada menit ke-79 Timnas Indonesia kembali merobek jala lawan. Kali ini sepakan Elkan Baggott dari luar kotak pinalti gagal dihalau Deep Karki.

Tak berselang lama, di menit ke-80, Witan Sulaeman menambah pundi-pundi gol Indonesia ke gawang Nepal menjadi 6-0. Terus menekan Indonesia menambah keunggulan menjadi 7-0 di menit ke-90. Gol disumbangkan oleh Marselino Ferdinan lewat sepakannya dari luar kotak pinalti.

Keunggulan Timnas Indonesia bertahan hingga akhir pertandingan Susunan pemain: Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto (kapten), Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam Bahar, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Muhammad Dimas Drajad, Saddil Ramdani.

Nepal: Deep Karki-pg, Shiva Gurung, Bikash Tamang, Suman Aryal, Sunil Bal, Prince Karki, Arik Bista, Nir Kumar Rai, Pujan Uperkoti (kapten), Rajan Gurung, Santosh Tamang.Tm