Tinjau Banjir di Sei Rampah, Bupati Sergai Harap Solusi Konkret Atasi Banjir

9
Tinjau Banjir di Sei Rampah, Bupati Sergai Harap Solusi Konkret Atasi Banjir
Foto: Istimewa

Sei RampahIntipnews.com: Solusi konkret untuk permasalahan banjir yang melanda Sei Rampah dan banyak tempat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menjadi pesan utama yang disampaikan Bupati H Darma Wijaya bersama Wakil Bupati H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP, Kamis (18/11/2021).

Hal itu dikatakan Bupati ketika memantau situasi bencana banjir dan kondisi pengungsi di Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, saat mendampingi Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi dan Kepala Staf Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan Brigjend TNI Purwito Hadi Whardono SE MHum serta Perwakilan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Bambang.

“Untuk kebutuhan pokok seperti sembako dan sebagainya, sudah didistribusikan merata ke masyarakat Sergai yang jadi korban banjir. Karena itu, sekarang bukan lagi saatnya bicara perihal bantuan kebutuhan pokok saja, tapi solusi apa yang bisa kita bersama ambil untuk menuntaskan permasalahan banjir di Sergai ini,” tegas Bupati.

Pemkab Sergai bukannya tidak berusaha menanggulangi akar penyebab banjir lewat normalisasi. Bupati menyebut, di tahun ini sudah dilakukan pengerukan sedimen sungai sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer.

Akan tetapi dirinya mengatakan, hal tersebut masih perlu dilaksanakan lebih intensif lagi karena sedimen dan penyempitan sungai terjadi di sepanjang 33 kilometer aliran sungai dari hulu ke hilir.

“Tantangan yang dihadapi semakin pelik karena tahun ini curah hujan sangat tinggi akibat cuaca ekstrem. Apalagi ditambah dengan naiknya air laut ke darat atau yang dikenal dengan istilah banjir rob. Akumulasi dari faktor-faktor tersebut menyebabkan terjadinya banjir terparah di Sergai sejak 20 tahun belakangan ini,” ungkap Darma Wijaya.