Tinjau Penataan Kawasan Belawan Bahari, Bobby Nasution: Jadikan Kehidupan Masyarakat Lebih Baik

31

Medan-Intipnews.com: Bisa menjadikan kehidupan masyarakat lebih baik menjadi harapan Wali Kota Medan Bobby Nasution usai meninjau Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (21/9/2023). Peninjauan yang dilakukan Bobby Nasution untuk melihat progress pengerjaan penataan kawasan Belawan  Bahari yang dilakukan dalam rangka mengentaskan masalah kemiskinan ekstrem di wilayah tersebut melalui pendekatan lingkungan. 

Peninjauan dilakukan Bobby Nasution bersama Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Nunung Nuryartono, Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Edward Abdurrahman dan sejumlah perwakilan dari stakeholder terkait lainnya. 

Diketahui, penataan kawasan Belawan Bahari dilakukan untuk menangani kemiskinan ekstrem di salah satu kawasan di wilayah paling utara Kota Medan tersebut,  terutama banjir rob. Penataan tersebut merupakan kolaborasi dari Kementerian PMK, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan dan pemerintah daerah. 

Hingga saat ini, progress penataan telah mencapai 9,12 persen dengan waktu pelaksanaan sejak Juli hingga Desember mendatang. Adapun lingkup pengerjaan yang dilakukan di antaranya saluran drainase dan normalisasi drainase, konstruksi air bersih dan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R). 

Kemudian, pengerjaan jalan paving block,  vegetasi, lampu jalan, ruang terbuka hijau, penjemuran ikan dan penataan rumah non eligible. Melalui penataan ini, diharapkan kawasan Belawan Bahari bisa menjadi lebih rapi, tertata dan membawa perubahan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar. 

Di sela-sela peninjauan, Bobby Nasution juga menyapa masyarakat yang tengah melakukan aktifitas mereka saat memilah dan menjemur hasil mata pencaharian mereka sebagai nelayan. Antuasias masyarakat pun begitu dirasakan melihat kedatangan pria kelahiran Kota Medan tersebut.Itp05