Tokoh Adat hingga Masyarakat Jayapura Papua Penuh Antusias Sambut Ganjar Pranowo

21

Papua-Intipnews.con: Para tokoh adat setempat hingga seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua penuh antusias dalam menyambut Ganjar Pranowo.

Sambutan yang diberikan kepada Capres nomor urut tiga tersebut berlangsung dengan sangat meriah tatkala dirinya tiba di Bandara Sentani, Jayapura.

Ganjar langsung disambut oleh Keondofian, Kepala Suku, para tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh agama hingga para pemuda di seluruh Kabupaten Jayapura.

Mereka seluruhnya pun meneriakkan yel-yel bagi mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

“Ganjar-Mahfud for Tanah Papua, Tanah Papua for Ganjar-Mahfud,” kata mereka dalam penyambutan itu.

Bukan hanya itu, ketika keluar dari pintu Bandara, Ganjar Pranowo juga disuguhi dengan tarian penyambutan selamat datang dari Sanggar Tari Yonokhong Manaya, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

Seluruh warga tampak penuh antusias dan beberapa diantaranya pun sempat meminta berfoto bersama dengan pemimpin berambut putih tersebut.

Mendapatkan sambutan yang sangat meriah itu, Ganjar Pranowo mengaku sangat bahagia. Dirinya melontarkan senyuman sambil mengucapkan terima kasihnya kepada masyarakat.

“Terima kasih, terima kasih atas sambutannya,” katanya.

Sementara itu, dalam kunjungannya di Bumi Cenderawasih, pria yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dua periode itu juga diangkat menjadi anak adat Suku Hassor.

Hal tersebut mencerminkan bagaimana dirinya mendapatkan restu untuk bisa menjadi Presiden RI 2024 dari para suku adat di Jayapura.

Kepala Suku Hassor, Gerson Yulianus Hassor memimpin langsung pengangkatan Ganjar Pranowo sebagai anak adat dan dilakukan melalui prosesi adat.

Hadir pula di sana, para Ondoafi Kota Tabi, Port Numbay dan Sairere sebagai informasi, bahwa Ondoafi merupakan sebutan untuk pemimpin adat masyarakat asli Papua.

“Kami dari para Ondoafi akan memberikan sebuah pesan lewat titipan adat dan ini adalah acara adat,” kata Gerson, Rabu (23/11). 

Adanya prosesi pengangkatan Ganjar Pranowo sebagai anak adat Hassor tersebut ditandai dengan penyematan ikat selempang, noken dan mahkota khas Bumi Cenderawasih kepadanya.

“Jadi, bapak sudah di tempat ini, besok bapak jadi presiden yang direstui oleh para ondoafi Kota Tabi, Port Numbay, Sairere,” ungkap Kepala Suku Hassor.

Lebih lanjut, Gerson menambahkan bahwa pasangan Mahfud MD dalam Pilpres 2024 itu telah resmi menjadi keluarga bagi masyarakat di Papua.

Oleh karena itu, dirinya sangat berharap kepada sosok Ganjar untuk bisa mewujudkan kemajuan bagi Bumi Cenderawasih.

“Harapan ke Pak Ganjar lebih baik lagi, jadi presiden,” kata Gerson.

Karena bisa diterima dengan sangat baik saat berada di Jayapura, suami Siti Atiqoh tersebut merasa terharu, terlebih dirinya bahkan juga diangkat menjadi keluarga oleh Kepala Suku Hassor.Itp.r