Tokoh Nias Pertanyakan Penanganan Kasus Penghinaan Suku Nias

55
Tokoh Nias Pertanyakan Penanganan Kasus Penghinaan Suku Nias
Foto: Istimewa

NiasIntipnews.com: Sejumlah tokoh Kepulauan Nias, Sumatera Utara yang tergabung dalam Forum Komunikasi Suku “Ononiha” (Nias) se-Indonesia, beraudiensi kepada Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, Selasa 16 November 2021.

Tujuan audiensi sejumlah tokoh Kepulauan Nias, adalah untuk mempertanyakan tindaklanjut laporan sejumlah warga Nias terkait penghinaan terhadap suku Nias yang dilakukan Condrat Sinaga melalui video yang dibagi di media sosial facebook.

“Kedatangan kami di Mapolres Nias terkait laporan beberapa masyarakat tentang penghinaan suku Nias oleh Condrat Sinaga, dan mempertanyakan tindaklanjut laporan tersebut yang telah sampai di Polres Nias, dan prosesnya sudah level Poldasu,” ucap tokoh dari Kota Gunungsitoli yang juga mantan anggota DPRD Kota Gunungsitoli Damili R Gea.

Kepada Kapolres Nias yang menerima tokoh masyarakat Nias di Aula Petermuan Polres Nias, Damili R Gea memberitahu jika masyarakat selalu bertanya-tanya bagaimana proses dan mengapa polisi belum menangkap Condrat Sinaga.

Padahal Condrat Sinaga masih terus becuap-cuap di media sosial, bahkan menurut dia nomor telepon Condrat Simaga tetap aktif.

“Kami mendukung polisi melaksanakan tugasnya, kami memberitahu jika dari 12 tahap proses pernikahan pada budaya Nias, tidak ada satu pun yang dikatakan Condrat Sinaga dalam videonya yang dibagi di facebook,” ujarnya.

Sehingga dia mewakili sejumlah tokoh Kepulauan Nias menganggap perlu ada pelurusan, bagaimana juga polisi yang selama ini bertugas di Kepulauan Nias melihat budaya Nias, agar bisa memberikan stigma positif di tengah masyarakat.