Untuk ke-7 kalinya Indonesia jadi Tuan Rumah Sidang AIPA

51

Jakarta-Intipnews.com: Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly atau AIPA pada 5-11 Agustus mendatang akan segera digelar di Jakarta. Indonesia menjadi tuan rumah sidang yang mempertemukan parlemen-parlemen se ASEAN, untuk yang ketujuh kalinya.

“Dengan menjadi tuan rumah untuk ke-7 kalinya, tentu harapan kita Indonesia mampu memberikan pengaruhnya baik di kawasan ASEAN maupun kawasan Asia-Pasifik,” kata Ketua Desk Kerja sama regional BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana, Kamis (3/8).

Putu menyebut tema yang diusung dalam Sidang Umum 44 AIPA di Jakarta adalah responsive parliament for a stable and prosperous ASEAN, yang konsepnya lebih kepada green economy atau ekonomi hijau.

“Saat ini dunia cenderung melihat dari sisi parameter pertumbuhan ekonomi yang tinggi saja, dan dianggap sebagai satu – satunya tolak ukur positif, dimana GDP (gross domestic product) sebagai acuan tunggalnya,” ungkap Putu Supadma.

Sementara itu, Anggota DPR Luluk Nur Hamidah menyambut baik inisiatif DPR merekomendasikan peningkatan jumlah kuota keterwakilan perempuan pada jabatan tingkat pemerintahan lokal maupun nasional dalam Sidang Umum ASEAN Inter-Parlementary Assembly (AIPA) ke-44 mendatang.

“Penting ketika kita membawa isu ini di tingkatan ASEAN sehingga status keterwakilan perempuan di lingkup ASEAN ini juga bisa jauh lebih meningkat,” ujar Luluk kepada media.

Luluk juga menilai akan menjadi keberhasilan Indonesia selaku pemegang tampuk Keketuaan ASEAN 2023 apabila bisa mendorong lahirnya butir-butir rekomendasi yang dapat mengintervensi peningkatan keterwakilan perempuan pada AIPA ke-44 mendatang.

Sidang Umum ke-44 AIPA di Jakarta menunjukkan komitmen Indonesia dalam memberikan perhatian penuh untuk mengatasi persoalan. Antara lain demokrasi, HAM, politik, ekonomi, sosial budaya, kepemudaan, lingkungan dan isu kesetaraan gender.Itp05