W20: Momentum Guna Ciptakan Investasi Dan Peran Wanita di Papua

11
Ilustrasi-Istimewa

Jakarta-intipnews.com: Papua Barat terpilih sebagai Side Host Event Women of Twenty (W20) Rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (G20) tersebut diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

Lokasi penyelenggaraan di Papua Barat juga bertujuan untuk mempromosikan pesona keindahan alam serta menunjukkan bahwa tanah Papua adalah daerah yang aman dan damai.

Promosi ini tentu saja akan berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat Papua. Melalui W20, Papua mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Papua layak untuk dikunjungi.

Menyikapi hal tersebut, Adib Hermawan, S.Sos. M.Han, Sekretaris Pokja Papua-Makara Strategic Insight/Awarde UNHAN Schoolership menyatakan ajang W20 ini menjadi kesempatan untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa Papua merupakan Provinsi yang kaya akan kebudayaan.

“Bisa menjadi ajang kesempatan untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa Papua merupakan tujuan utama wisatawan dunia. Beberapa kebudayaan seperti tarian dan lagu khas Papua, memperkenalkan cinderamata asli buatan Papua dan khas papua, serta membuka peluang untuk mendorong komoditas lokal Papua di pasar Internasional.” Kata Adib Hermawan, S.Sos. M.Han dalam wawancara online (14/03/2022).

Adib juga mengatakan Side Event W20 ini dihadiri tokoh-tokoh wanita dari luar negeri.

“Dalam Side Event W20 ini, dihadiri pembicara-pembicara yang juga merupakan tokoh-tokoh wanita dari luar negeri, Mereka akan sharing pengalamannya untuk menjadi wanita yang sukses, sehingga bisa menjadi suatu inspirasi bagi Wanita Papua untuk semakin meningkatkan semangat dan daya juang mereka untuk terus menjadi lebih baik dan mau terus belajar.” ujarnya.

Adib mengungkapkan forum ini bisa menjadi ajang menambah wawasan untuk bagaimana pentingnya memanfaat kan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kesejehtaraan.

“Ini merupakan step selanjutnya, setelah upaya memperkenalkan Provinsi Papua di dunia Internasional, forum ini juga dapat memberikan pengalaman berharga untuk mendorong perempuan papua semakin aktif menguasai digitalisasi. Misalnya petani perempuan papua memanfaatkan teknologi untuk menjual hasil bumi Papua.” ucap Adib.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan para pembicara yang merupakan tokoh wanita dari berbagai negara dalam forum ini akan membuka wawasan bagi kaum wanita Papua mengenai hak-hak nya terkait akses kesehatan yang mana menjadi hak mereka.

“Tentunya forum ini menjadi sebuah peluang besar bagi kemajuan Provinsi Papua. Sekali lagi, saya melihat ini terobosan besar bagi perkembangan dan kemajuan Papua.” tambah Adib.

Sementara itu, Ayu Adriana Putri, S. Stp, M.A., selaku Senior Analis Jakarta Investment Center mengungkapkan bahwa W20 selaku side event G20 di Manokwari sangat berarti untuk para perempuan.

“Dengan adanya side event G20 yang akan diselenggarakan di Manokwari tentu sangat memberikan kontribusi berarti bagi para perempuan. Khususnya para pejuang kesetaraan dan juga para pejuang pejuang wanita kita di Manokwari Papua Barat,” kata Ayu.

Dirinya juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan animo dan awareness kepada seluruh wanita Indonesia.

“Side event ini sangat berpengaruh sekali terutama dalam hal pendidikan, meskipun kita tahu di Indonesia ini tidak merata pendidikannya namun dengan kegiatan yang di inisiasi pemerintah pusat ini tentunya kami berharap sekali kegiatan ini dapat meningkatkan animo dan awareness kepada seluruh wanita Indonesia” tambahnya.

Ia juga mengatakan kegiatan side event W20 sudah dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah daerah setempat.

“Selain itu untuk kegiatan side event yang akan diselenggarakan beberapa kota tentunya memiliki tema tema tertentu namun untuk di Manokwari sendiri beberapa kegiatan-kegiatan ini telah dipersiapkan dengan matang oleh pemerintah daerah setempat,” tutup Ayu.