Wabup Sergai Buka MTQ XVIII Dan FSQ XIX Kecamatan Sei Rampah

9
foto :istimewa

Sei Rampah – Intipnews.com: Wakil Bupati (Wabup) Serdang Bedagai (Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP (foto) membuka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XVIII dan Festival Seni Qasidah (FSQ) XIX Kecamatan Sei Rampah, Senin 7 Febuari 2022 di Lapangan Bola Kaki Desa Rambung Sialang Estate Kecamatan Sei Rampah Sumatera Utara.

 Turut hadir dalam kegiatan tersebut . Kadis Sosial Arianto,  Plt Camat Sei Rampah Rahmat Suhendra Damanik, dan  unsur Forkopimcam Sei Rampah,  tokoh agama, tokoh masyarakat Kecamatan Sei Rampah.

Dalam sambutanya  Wabup Sergai H Adlin Umar Yusti Tambunan mengatakan kegiatan ini merupakan momen yang tepat dalam upaya menyatupadukan gerak dan langkah seluruh komponen masyarakat di bidang keagamaan khususnya dalam peningkatan kemampuan seni dalam membaca Al-Quran.

“ Melalui kegiatan ini, kita semua khususnya umat islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman penghayatan dan pengalaman isi kandungan dalam Al-Quran dikehidupan sehari-hari dengan harapan mewujudkan hubungan yang harmonis dengan masyarakat dapat lebih kita tingkatkan,”katanya.

Kegiatan ini juga dapat memberikan motivasi bagi generasi muda untuk belajar memahami Al-Quran, menerapkan nilai-nilai religius dalam tatanan kehidupan dan sebagai pedoman hidup sehari-hari. Selain itu, belajar memahami Al-Quran dengan segala bentuk bacaan yang digambarkan melalui cabang yang dipertandingkan. 

“Harapannya adalah dapat melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi serta mencari bibit-bibit berkualitas sehingga akan menjadi perwakilan Kecamatan Sei Rampah pada kejuaraan tingkat Kabupaten Sergai, provinsi maupun tingkat nasional,”ucapnya.

Wabup juga  berpesan kepada peserta yang ikut kegiatan, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, agar dalam melaksanakan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan. “ Jangan sampai kita lengah, karena akhir-akhir ini kita melihat isu-isu dibeberapa daerah virus asal Wuhan ini sempat menanjak lagi.

Sementara itu  panitia penyelenggara kegiatan  Irfan El Fuadi Lubis menyampaikan laporan kegiatan tersebut yang  berlangsung mulai tanggal 7-8 Februari 2022. Sedangkan tujuanya adalah  sebagai sarana syiar dinul islam dan mempererat ukhuwah islamiah maupun silahturahim sehingga terciptanya rasa persatuan, kesatuan dan kebersamaan yang pada akhirnya dapat terjalin kerukunan umat beragama untuk mewujudkan generasi muslim yang rohani yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius.         

Adapun cabang Tilawatil Quran yang dipertandingkan terdiri dari golongan Tartil Quran anak-anak putra/putri., Golongan Tilawah Quran anak-anak putra/putri, Golongan Tilawah Quran remaja,Golongan Tilawah Quran dewasa. Dan Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahril Quran.Itp05