Wakil Ketua PWNU Sumut Tegaskan Siapa Pengurus PCNU Kota Gunungsitoli Resmi

294
foto: Wakil Ketua PWNU Sumut (tengah) pakai baju putih hijau saat memberikan penjelasan

Gunungsitoli- Intipnews.com: Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nadatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara Drs.H.M Adhin Damanik,M.Ap menegaskan siapa Pengurus Cabang Nadathatul Ulama (PCNU) Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara yang resmi.

Hal disampaikan pada saat mengikuti acara Rapat Kerja Cabang Nadhatul Ulama Kota Gunungsitoli dan peringatan Harlah Nadhatul Ulama (NU) ke 69 yang di selenggarakan PCNU Kota Gunungsitoli, Selasa 1 Februari 2022.

Pada acara pra Raker Cabang NU Kota Gunungsitoli yang dipimpin Rais Badrinal Arifin, S.Ag dan Ketua Umum PCNU Kota Gunungsitoli Rusudin Zalukhu di kantor PCNU Kota Gunungsitoli, Jalan Pattimura, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Senin 31 Januari 2021, Wakil Ketua PWNU Sumut menegaskan jika kedatangannya sesuai perintah Ketua dan Sekretaris PWNU Sumut.

Wakil Ketua PWNU Sumut merasa bingung ada dualisme kepengurusan PCNU di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, dan  memastikan yang mendapat rekomendasi dari PWNU Sumut untuk diterbitkan Surat Keputusannya (SK) oleh Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) hanya pengurus PCNU Kota Gunungsitoli yang dipimpin Rais Badrinal Arifin dan Ketua PCNU Rusudin Zalukhu.

Sehingga PCNU Kota Gunungsitoli yang telah keluar Surat Keputusan dan telah dilantik, serta mengikuti Muktamar Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) adalah PCNU Kota Gunungsitoli yang dipimpin Rais Badrinal Arifin dan Ketua PCNU Rusudin Zalukhu.

“Kita akui yang bisa menerbitkan SK adalah PBNU dan bukan PWNU, tetapi tanpa rekomendasi PWNU, maka pengurus PBNU tidak menerbitkan SK PCNU Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Adanya SK kepengurusan PCNU Kota Gunungsitoli lainnya yang diterbitkan PBNU selain SK PCNU Kota Gunungsitoli yang dipimpin Rais Badrinas Arifin dan Ketua PCNU Kota Gunungsitoli Rusudin Zalukhu sudah mereka laporkan kepada Ketua Umum PBNU melalui surat tanggal 21 Januari 2022.

Dimana dalam surat tersebut, PWNU Sumut memberitahu kepada Ketua Umum PBNU bahwa PWNU Sumut hanya pernah merekomendasikan kepengurusan PCNU Kota Gunungsitoli melalui surat rekomendasi nomor 50/PW/A.II/4/20 tanggal 1 April 2020.

Dan telah terbit SK PBNU Nomor 581/A.II.04.d/10/ 2020 tanggal 02 Rabiul Awal 1442 H/19 Oktober 2021 M tentang pengesahan PCNU Kota Gunungsitoli masa khidmat 2020 – 2025 yang mengesahkan Rais Syuriyah adalah Badrinal Arifin, S.Ag dan Ketua Tanfidziyah adalah Rasudin Zalukhu.

Sehingga mereka memohon kepada Ketua Umum PBNU untuk berkenan menyelesaikan masalah yang dimaksud (Aulia)